Margomulyo Membara di Tengah Guyuran Hujan Deras

Margomulyo Membara di Tengah Guyuran Hujan Deras

Kebakaran rumah warga di Kelurahan Margomulyo ini berlangsung saat hujan deras mengguyur Kota Balikpapan.-(Disway/ Istimewa)-

BALIKPAPAN, NOMORSATUKALTIM - Kebakaran rumah milik warga di Margomulyo, Kecamatan Balikpapan Barat, berlangsung saat hujan deras mengguyur Kota Minyak, pada Minggu (4/2/2024) malam.

Api berkobar di sebuah pemukiman padat penduduk RT 04, Jalan Gunung 1, Kelurahan Margomulyo, Kecamatan Balikpapan Barat. Satu rumah tercatat rusak berat akibat insiden ini.

Menurut keterangan Ketua RT 04, Abdul Karib, kebakaran bermula dari lantai rumah warganya. "Sekitar pukul 22.30 Wita, api muncul dari lantai 2," kata Abdul Karib kepada wartawan. 

BACA JUGA: Pelabuhan KEK Maloy Belum Kantongi Izin Permanen dari Kemenhub

Menurutnya, pemilik rumah kala itu sedang di lantai satu. Tanpa tahu penyebabnya, api dengan cepat membesar sehingga pemilik rumah bergegas menyelamatkan diri keluar rumah.

"Total di rumah itu ada 1 Kepala Keluarga (KK) 5 jiwa," sebutnya.

Kabid Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Balikpapan Bambang Subagyo mengatakan, api baru bisa dipadamkan 1 jam kemudian.

BACA JUGA: Darurat Kasus Pelecehan Terhadap Anak, TRC PPA Usulkan Sanksi Kebiri Bagi Pelaku

Menurutnya, petugas pemadam terkendala kurangnya suplai air di lokasi kejadian.

"Hydrant di dekat sini debit airnya sangat kecil. Kami harus mengambil suplai air di kawasan lain," jelasnya kepada wartawan.

Selain itu, mobil pemadam tidak bisa mendekat, karena lokasi kebakaran berada di gang sempit. 

Sehingga petugas pemadam kebakaran harus menyambung selang untuk bisa menjangkau rumah yang terbakar.

BACA JUGA: Jalan Alternatif eks Bandara Temindung Samarinda Resmi Dibuka

"Kami kerahkan dari unit Balikpapan Barat yang terdekat serta di bantu oleh unit Balikpapan Utara, dan dibantu segenap unsur relawan kemudian Perumda Tirta Manuntung Balikpapan (PTMB) untuk suplai air dan Brimob Polda Kaltim," sebutnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: