Nyetir Mobil saat Hujan? Wajib Perhatikan Hal ini!

Nyetir Mobil saat Hujan? Wajib Perhatikan Hal ini!

Mengemudikan mobil dalam kondisi hujan-(Nomorsatukaltim/Hariadi)-

BALIKPAPAN, NOMORSATUKALTIM - BMKG meramalkan cuaca Kalimantan Timur (Kaltim) bakal didominasi hujan di akhir pekan ini.

Berkendara dalam kondisi hujan tentu berisiko tinggi jika tidak dilakukan dengan hati-hati. Curah hujan dapat mengurangi visibilitas, mempengaruhi daya cengkeram ban, dan meningkatkan risiko aquaplaning. 

Untuk memastikan keselamatan Anda dan pengguna jalan lainnya, berikut adalah beberapa tips untuk menjadi pengemudi yang aman saat berkendara dalam hujan yang dihimpun dari berbagai sumber.

BACA JUGA: Terkendala Anggaran, Proyek Renovasi Rumah Sakit Islam Samarinda Terhenti   

 

1. Pastikan Mobil dalam Kondisi Baik

Sebelum Anda mulai berkendara dalam cuaca hujan, penting untuk memastikan bahwa mobil Anda dalam kondisi baik. 

Periksa lampu depan dan belakang untuk memastikan mereka berfungsi dengan baik. Pastikan juga karet wiper bersih dan efektif agar dapat membersihkan kaca depan dengan baik saat hujan deras.

 

2. Kurangi Kecepatan

Salah satu kunci untuk mengemudi dalam hujan dengan aman adalah dengan mengurangi kecepatan Anda. Permukaan jalan yang basah mengurangi daya cengkeram ban, sehingga memerlukan jarak pengereman yang lebih panjang. 

Dengan mengurangi kecepatan Anda, Anda memiliki lebih banyak waktu untuk merespons situasi yang mungkin timbul di jalan.

BACA JUGA: Ramalan Cuaca Kaltim, 3 Februari 2024, Cek di Sini!

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: