5.922 Petugas KPPS Paser Dilantik, Ketua KPU Berpesan Begini

5.922 Petugas KPPS Paser Dilantik, Ketua KPU Berpesan Begini

Pelantikan anggota KPPS di Desa Suatang, Kecamatan Pasir Belengkong, Paser. -istimewa-

PASER, NOMORSATUKALTIM – Ribuan petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) untuk Pemilu 2024 dilantik. Mereka nantinya akan ditempatkan di 846 Tempat Pemungutan Suara (TPS). 

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) 5Paser, Abdul Qayyim Rasyid mengungkapkan peran penting KPPS sebagai Penyelenggara Pemilu, sebagaimana diatur dalam Undang-undang Nomor 7 Tahun 2017 Tentang Pemilihan Umum. 

"Total yang dilantik 5.922 orang dan bertugas di 846 TPS dari 139 desa dan empat kelurahan," kata Qayyim, Kamis 25 Januari 2024. 

Dikatakannya, KPU Paser berkomitmen untuk meningkatkan kualitas layanan kepada pemilih pada kegiatan pemungutan suara dan penghitungan suara. Hal itu ditunjukkan dengan memberikan bimbingan teknis dalam beberapa hari kedepan kepada semua anggota anggota KPPS.

"Berbeda dengan pemilu-pemilu sebelumnya yang hanya memberikan bimbingan teknis kepada satu orang dari tujuh orang anggota KPPS," tuturnya.

Ia berharap agar anggota KPPS dalam bekerja berpedoman kepada ketentuan perundang-undangan, kode etik penyelenggara pemilu, bekerja secara profesional, berintegritas, bertanggungjawab dan transparan. 

"Yakni bekerja dengan niat kuat untuk meningkatkan kualitas layanan kepada pemilih. Sehingga dapat menggunakan hak pilihnya pada kegiatan pemungutan suara dan penghitungan suara di TPS," pesannya.

Dalam pelantikan ini juga disertai dengan penanaman bibit pohon sejumlah KPPS yang dilantik secara serentak di pengambilan Menurutnya, tercetak banyaknya logistik Pemilu berbahan baku kertas, memberikan dampak signifikan terhadap kelestarian alam. Oleh karenanya, pentingnya penanaman bibit pohon sebagai bentuk kepedulian terhadap kelestarian lingkungan. 

"Penanaman pohon sebagai pengganti kertas yang di gunakan," pungkas Qayyim.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: