Indonesia Kalah 3-1 atas Irak di Laga Perdana Piala Asia 2023

Indonesia Kalah 3-1 atas Irak di Laga Perdana Piala Asia 2023

Selebrasi Marselino Ferdinan usai berhasil mencetak gol ke gawang Irak.-(Disway/ Istimewa)-

SAMARINDA, NOMORSATUKALTIM - Timnas Indonesia harus menerima pil pahit kekalahannya dalam laga perdananya setelah 16 tahun absen di Piala Asia.

Dalam pertandingan yang berlangsung di Ahmed Bin Ali Stadium, Senin (15/1/2024), Skuad Garuda harus takluk dengan skor 3-1 atas Timnas Iraq. 

Sejak menit pertama, anak asuh Shin Tae-yong sulit lepas dari gempuran oleh Iraq. Terbukti di babak pertama penguasaan bola Iraq mencapai 72 persen atas Indonesia.

Pun demikian, Skuad Garuda tetap berusaha bermain apik dengan tetap menjaga ritme permainan agar tidak menjadi lumbung gol anak asuh Jesus Casas.

BACA JUGA: Intip Kemegahan Stadion di Piala Asia 2023: Desain Unik, Ramah Lingkungan dan Full AC

Gawang Indonesia yang dikawal Ernando Ari Sutaryadi pertama kali kebobolan di menit 16. 

Indonesia yang memakai 5 bek gagal mengantisipasi tusukan Mohanad Ali yang memanfaatkan kesalahan Marselino yang terlalu lama memegang bola.

Hubner dan  Elkan yang salah mengantisipasi hingga, membiarkan Ernando berhadapan satu lawan satu dengan Mohanada Ali. Kedudukan berubah menjadi 1-0 untuk Irak.

Pada menit 25, Rafael Struick gagal mencetak gol akibat menyia-nyiakan kesempatan emas yang diberikan Yakob Sayuri di kotak terlarang. 

Namun Timnas kita tidak mudah menyerah, terbukti pada menit ke- 36 kerjasama yang apik hasil counter attack yang dibangun Elkan bekerjasama dengan Hubner diteruskan kepada Yakob Sayuri, berhasil dikonversi menjadi sebuah gol oleh Marselino Ferdinan. 

Indonesia menyamakan kedudukan 1-1.

Memasuki perpanjangan waktu pada paruh waktu pertama tepatnya pada menit ke 45+7, Osama Rashid berhasil mengkonversi bola muntah dari tepisan Ernando menjadi sebuah gol. Irak kembali unggul 2-1. 

Coach STY sempat memprotes goal ini karena pemain Iraq dinilai sudah Offside. Namun hasil review pada sistem VAR, Wasit menyatakan gol Irak atas Indonesia sah. 

Babak pertama ditutup dengan keunggulan Irak 2-1.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: