BMKG Berau Mengimbau Masyarakat Waspada Terhadap Bencana Hidrometeorologi

BMKG Berau Mengimbau Masyarakat Waspada Terhadap Bencana Hidrometeorologi

BMKG Berau Mengimbau Masyarakat Waspada Terhadap Bencana Hidrometeorologi-(ist)-

BERAU, NOMORSATUKALTIM - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Berau memperkirakan bahwa kondisi cuaca di wilayah Berau pada bulan Januari hingga Maret 2024 berada dalam kondisi normal hingga di bawah normal.

Hal ini diakibatkan karena adanya fenomena El Nino yang terjadi di sekitar wilayah Samudra Pasifik, yang berpotensi mengurangi pasokan curah hujan.

"Secara klimatologis wilayah kita ini masih berlangsung dengan kondisi yang namanya El Nino yang terjadi di Samudera Pasifik. Fenomena ini kemudian berpotensi mengurangi pasokan curah hujan di wilayah Indonesia bagian tengah dan timur, termasuk di wilayah kita, Kalimantan," ujar Prakirawan dan Pengamat BMKG Berau, Suryadi.

"Kondisi El Nino ini, sejauh pantauan terakhir masih dalam kondisi ringan hingga moderat" sambungnya.

Dengan demikian pihaknya menghimbau kepada masyarakat untuk tetap waspada akan bencana hidrometeorologi yang sewaktu-waktu bisa saja terjadi. Sebab bulan Januari merupakan puncak dari musim hujan.

"Karena kita berada di bulan Januari yang adalah puncak musim hujan, jadi untuk masyarakat tetap waspada terhadap bencana hidrometeorologi (angin kencang, banjir, longsor), karena potensi itu masih ada." ucapnya.

Di samping itu, pihaknya juga menghimbau kepada masyarakat untuk terus mengikuti informasi terkait kondisi  cuaca, guna mengurangi resiko yang terjadi akibat cuaca ekstrem yang bisa datang sewaktu-waktu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: