Panas Adu Yel-yel di Debat Cawapres, Relawan Ganjar dan Prabowo Nyaris Ricuh

Panas Adu Yel-yel di Debat Cawapres, Relawan Ganjar dan Prabowo Nyaris Ricuh

Para relawan pasangan calon Presiden jelang debat Cawapres di JCC, Jakarta Pusat, Jumat (22/12/2023.).-(Disway.id)-

JAKARTA, NOMORSATUKALTIM - Para relawan berdatangan untuk mendukung pasangan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres), jelang debat Cawapres di JCC, Jakarta Pusat, pada Jumat (22/12/2023) malam.

Namun di tengah aksi adu yel-yel, dua massa pendukung pasangan capres dan cawapres sempat terlibat ketegangan hingga terjadi aksi saling dorong.

Dilansir dari Disway.id, awalnya massa pendukung dari paslon nomor urut 3 Ganjar Pranowo - Mahfud MD dan Paslon nomor urut 2 Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming Raka beradu yel-yel.

Namun, di tengah 'perang' yel-yel, tampak kedua kelompok itu terlibat adu dorong.

Petugas kepolisian yang ada lokasi langsung turun melerai massa yang mulai kehilangan kendali emosi.

Beberapa saat kemudian, polisi berhasil membubarkan dua massa pendukung dari kericuhan.

Sebelumnya, Para relawan terus berdatangan ke JCC Senayan, Jakarta Pusat jelang debat Cawapres yang dilaksanakan pada Jumat (22/12/2023) malam.

Salah satunya relawan Ganjar-Mahfud yang mengklaim berasal dari Komunitas Ojek Online (Ojol).

Relawan yang mengaku bernama Rully (50) mengatakan pihaknya datang untuk mendukung Mahfud MD secara langsung dalam debat kali ini.

"Kami datang dari komunitas ojek online se-Jabodetabek. Kami dukung karena Pak Mahfud bagus di mata kami dibanding Cawapres lain," ujarnya.

Rully menyatakan datang dengan ratusan massa pada Jumat malam. "400 massa," ucap Rully.

Massa relawan tersebut meneriakan yel-yel mereka sebelum debat cawapres digelar.

"Pilih Ganjar-Mahfud, pilih Ganjar-Mahfud," sorak para relawan itu.

Mereka tampak mengenakan atribut bernuansa mendukung salah satu capres. Seperti jaket berwarna hitam dengan tulisan 'Satu Aspal, Kawal Ganjar'.

Diketahui, tema debat kedua ini ialah ekonomi (ekonomi kerakyatan dan ekonomi digital), keuangan, investasi, pajak, perdagangan, pengelolaan APBN dan APBD, infrastruktur dan perkotaan.

Tiga Cawapres yakni Muhaimin Iskandar, Gibran Rakabuming Raka dan Mahfud MD beradu gagasan dan saling menguji pengetahuan tentang topik tersebut dalam debat kedua yang digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) tersebut.

Sementara itu, jadwal Pemilu 2024 telah ditetapkan oleh KPU melalui Peraturan KPU Nomor 3 Tahun 2022 tentang Tahapan dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Umum 2024.

Dalam aturan tersebut, Pemilu 2024 akan diselenggarakan pada 14 Februari 2024 untuk memilih presiden dan wakil presiden untuk periode 2024 - 2029.

Pada saat bersamaan, juga dilakukan pemungutan suara untuk pemilihan anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Dewan Perwakilan Daerah (DPD), dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) di seluruh Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: disway.id