DP3A Kukar Gelar Sosialisasi dan Bimtek Pencegahan Bullying di Sekolah

DP3A Kukar Gelar Sosialisasi dan Bimtek Pencegahan Bullying di Sekolah

--

Kukar, nomorsatukaltim - Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Kukar melakukan sosialisasi dan bimbingan teknis (bimtek) ke sejumlah sekolah, dalam rangka pencegahan praktik bullying di kalangan pelajar.

Kepala Bidang Perlindungan Hak Perempuan dan Perlindungan Khusus Anak (PHP2KA) DP3A Kukar Marhaini, mengatakan bahwa sosialisasi dan bimtek bertujuan untuk memberikan pemahaman dan kesadaran kepada siswa, guru, dan orang tua tentang bahaya bullying dan cara mengatasinya.

“Alhamdulillah sudah kita laksanakan untuk sosialisasi dan bimtek. Itu salah satu pencegahan dari kasus bullying dan lain-lain,” kata Marhaini, Jumat (1/12/2023).

Ia menambahkan bahwa sosialisasi dan bimtek juga bertujuan untuk meningkatkan kapasitas dan keterampilan para guru dan konselor sekolah dalam menangani kasus bullying. Kegiatan ini dilakukan di setiap sekolah di kecamatan yang ada di Kukar.

Ia mengatakan bahwa kasus perundungan yang mengarah kepada kekerasan masih terbilang kecil di Kukar. Namun, jika ada laporan atau temuan, pihaknya akan segera menindaklanjuti dengan koordinasi dengan pihak sekolah, orang tua, dan aparat penegak hukum.

“Kami berharap dengan adanya sosialisasi dan bimtek ini, kasus bullying di sekolah bisa diminimalisir atau bahkan dihilangkan. Karena bullying bisa berdampak buruk bagi perkembangan psikologis dan sosial anak,” ujarnya. (*/Adv/dp3akukar_23)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: