Samboja Menjadi Kecamatan Penghasil Ikan dan Rumput Laut

Samboja Menjadi Kecamatan Penghasil Ikan dan Rumput Laut

Warga di Kecamatan Samboja banyak menggantungkan hidupnya dari hasil tangkap ikan dan budidaya rumput laut.-(ist)-diskominfo kukar


--

Kukar, NOMORSATUKALTIM- Kondisi Kecamatan Samboja, Kutai Kartanegara yang sebagian besar desa berada di tepi Pantai, membuat wilayah ini menjadi penghasil ikan dan rumput laut. 

Damsik, Camat Samboja, mengakui bahwa hanya ada beberapa desa dan kelurahan yang tidak berlokasi di pantai.

Karena itu, tak heran jika hasil tangkap ikan dan rumput laut dari Kecamatan Samboja cukup berlimpah.

“Mulai dari Kelurahan Tanjung, Kelurahan Kuala, Pamedas sampai ke Muara Sembilang itu semua di bibir pantai dan penghasil ikan yang terbesar di daerah-daerah itu, termasuk juga pembudidayaan rumput laut,” ujar Damsik, Sabtu (28/10/2023).

Damsik juga mengatakan, ikan laut hasil tangkapan nelayan di Kecamatan Samboja tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan lokal, tetapi juga untuk beberapa kota besar di sekitarnya, seperti Samarinda, Balikpapan dan Tenggarong.

Sejak dulu, mayoritas masyarakat di Kecamatan Samboja sudah bergantung pada hasil melaut. 

Kesejahteraan masyarakat Samboja, kata dia, juga bisa meningkat dengan adanya pabrik pengolahan rumput laut di Kecamatan Muara Badak.

“Jadi selain nelayan tangkap ikan, banyak juga pembudidaya rumput laut di Samboja. Nah dengan pembangunan pabrik rumput laut di Muara Badak ini kan bisa memudahkan para petani dalam menjual hasil panennya. Pabrik itu sudah sangat kami nantikan,” tuturnya. (*/adv/kominfokukar_23)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: