Program Terang Kampungku Dikebut, Tahun 2024 Semua Desa di Kukar Sudah Teraliri Listrik

Program Terang Kampungku Dikebut, Tahun 2024 Semua Desa di Kukar Sudah Teraliri Listrik

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kukar, Arianto.-(ist)-diskominfo kukar


--

Kukar, nomorsatukaltim – Program untuk melistriki seluruh desa di Kutai Kartanegara (Kukar): Terang Kampungku, ditarget bisa selesai akhir tahun 2024.  

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kukar, Arianto, mengatakan bahwa Program Terang Kampungku itu sudah sesuai dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kukar 2021-2026.

“Program Terang Kampungku ini sudah memberikan manfaat bagi banyak desa di Kukar. Beberapa contohnya adalah Desa Sebelimbingan, Dusun Pendamaran, Desa Teluk Muda, dan Desa Tanjung Batuq Harapan,” ujar Arianto, Senin (23/10/2023).

Menurut Arianto, ada dua metode yang digunakan oleh DPMD Kukar untuk menyediakan listrik dasar bagi masyarakat. 

Pertama, bekerja sama dengan PLN untuk membangun jaringan listrik di wilayah yang masih memungkinkan bisa diakses dengan tiang-tiang listrik. 

Kedua, mendirikan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Komunal di wilayah yang tidak memungkinkan dibangun jaringan listrik.

“Kalau hitung-hitungannya, sampai Desember nanti semua desa sudah berlistrik. Tidak ada lagi desa yang gelap gulita,” kata Arianto.

Arianto juga menyebutkan bahwa PLN sedang berupaya untuk menyelesaikan pembangunan jaringan listrik di beberapa desa lainnya. 

Salah satunya adalah Desa Lamin Pulut dan Lamin Telihan di Kecamatan Kenohan.

“PLN sudah berjanji akan mulai kerja di dua desa itu pada Februari 2024. Ini sudah menjadi program prioritas mereka,” tutup Arianto. (*/adv/kominfokukar_23)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: