Pj Gubernur Ingatkan ASN Fokus Kerja, Tak Ikut Politik

Pj Gubernur Ingatkan ASN Fokus Kerja, Tak Ikut Politik

Pj Gubernur Kaltim Akmal Malik minta ASN netral-Biro Adpimprov Kaltim-Biro Adpimprov Kaltim

SAMARINDA, NOMORSATUKALTIM - Penjabat Gubernur Kalimantan Timur, Akmal Malik mengingatkan para aparatur sipil negara (ASN) menjaga netralitas, memasuki tahun politik. Penegasan itu disampaikan Akmal Malik dalam pernyatan resmi yang diterbitkan awal pekan ini.

Akmal meminta ASN lebih fokus melaksanakan tugas dan kewajiban, tak terseret arus politik dunia nyata maupun  media sosial.

“ASN harus lebih fokus untuk memberikan pelayanan agar demokrasi kita berjalan dengan baik,” pesan Pj Gubernur Kaltim Akmal Malik, Selasa (6/11/2023).

Lebih lanjut disampaikan Akmal, demokrasi akan berjalan baik jika pemerintah, partai politik, masyarakat dan para calon memahami posisi masing-masing.

“Partai politik jangan menarik-narik ASN. Calon (legislatif/kepala daerah/presiden) juga jangan mendorong-dorong kita. ASN jangan sampai larut dalam bujuk rayu. Sudahlah tetap fokus untuk pelayanan publik,” tegas Akmal.

“Bagi ASN, netralitas adalah jawaban untuk kita bisa membangun demokrasi yang baik,” sambungnya.

Karena itu, dalam beberapa waktu ke depan dirinya akan meminta instansi teknis terkait seperti BKD dan BPSDM untuk meningkatkan sosialisasi terkait hak dan kewajiban ASN dalam pemilihan umum (pemilu).

“Demokrasi bagi ASN itu adalah mengabdi kepada bangsa dan negara,” ucap Akmal.

Dia yakin para ASN di Kaltim tidak akan melakukan hal-hal yang akan merugikan dirinya atau menimbulkan keresahan bagi masyarakat lainnya.

ASN tidak diperbolehkan berkampanye atau mendukung calon tertentu secara terbuka maupun melalui media sosial. Meski demikian, para ASN harus memberi contoh yang baik dengan menggunakan hak pilihnya dan memilih. ASN pun diminta untuk tidak menjadi bagian dari kampanye golongan putih atau golput. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: biro adpimprov kal