Jelang Pemilu 2024, Satlinmas Paser Mendapat Tugas Khusus dari Bupati

Jelang Pemilu 2024, Satlinmas Paser Mendapat Tugas Khusus dari Bupati

Ribuan personel Satlinmas dikukuhkan sebagai salah satu unsur pengamanan Pemilu 2024. -(Disway/ Istimewa)-

Paser, NOMORSATUKALTIM – Bupati Paser, Fahmi Fadli memberi tugas khusus kepada 3.292 Satuan perlindungan masyarakat (Satlinmas) pada Pemilu 2024 mendatang.

Unsur pengamanan dari masyarakat sipil ini diharapkan menjadi pendukung kewilayahan dalam menunjang ketentraman dan ketertiban umum (Trantibum) selama pesta demokrasi berlangsung.

Instruksi ini disampaikan oleh Bupati Paser, Fahmi Fadli saat mengukuhkan 3.292 personel Satlinmas sebagai petugas pengamanan Pemilu 2024.

Dikatakan Fahmi, suksesnya pelaksanaan Pemilu 2024 bukan hanya tanggung jawab penyelenggara, dalam hal ini KPU dan Bawaslu. Namun juga hasil kerja bersama seluruh pihak terkait, termasuk pemerintah dan elemen masyarakat seperti Satlinmas.

"Satlinmas salah satu bagian penting dalam membantu pemerintah untuk bertugas sebagai pengamanan di TPS (Tempat Pemungutan Suara), dan juga memelihara ketertiban masyarakat saat pesta demokrasi berlangsung," kata Fahmi.

Fahmi berharap, Satlinmas dapat membawa wajah dan pemikiran yang aktual dalam mengisi pembangunan di Kabupaten Paser. Wujudnya bisa pelayanan keamanan masyarakat serta kegiatan sosial dalam penanganan bencana.

"Baik dari akibat bencana, membantu kegiatan sosial kemasyarakatan, memelihara ketentraman ketertiban pada saat pemilihan kepala desa, pemilihan kepala daerah, dan pemilihan umum, serta membantu upaya pertahanan negara," ucap Fahmi.

Politikus PKB itu menuturkan, Pemkab tidak akan berhenti pada terbentuknya Satlinmas saja, tetapi akan menyusun langkah-langkah berkesinambungan, termasuk melibatkan instansi vertikal seperti TNI/Polri dalam pembinaan Satlinmas.

"Begitu penting dan besarnya peran Satlinmas dalam pengabdian kepada masyarakat, bangsa dan Negara. Maka sangat bijaksana jika pemerintah memberikan perhatian kepada Aparat Linmas sekaligus mengapresiasi perannya selama ini," tandas Fahmi.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: