Kloter Pertama Bantuan Indonesia ke Gaza Berangkat Pekan Ini

Kloter Pertama Bantuan Indonesia ke Gaza Berangkat Pekan Ini

Personel PMI saat menyiapkan bantuan kemanusiaan berupa peralatan medis untuk dikirim ke Gaza, Palestina, di Jakarta, Minggu (29/10/2023).-(Antara)-

NOMORSATUKALTIM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memastikan bahwa Indonesia akan mengirim bantuan ke Gaza, Palestina yang kini sedang digempur oleh Israel.

Presiden mengatakan, bantuan kemanusiaan kloter pertama ke Gaza, Palestina bakal diterbangkan pekan ini.

"Indonesia akan mengirim bantuan kemanusiaan yang akan disesuaikan dengan permintaan dan kebutuhan rakyat Palestina," kata Jokowi, dikutip dari kanal Youtube Setpres, Selasa (31/10/2023).

"Dan kloter pertama (bantuan) akan dikirimkan minggu ini," tegas Jokowi.

Jokowi menambahkan, bantuan itu berasal dari Pemerintah, pelaku dunia usaha, serta masyarakat Indonesia.

Lebih lanjut, Presiden juga menyatakan Indonesia sangat marah melihat situasi kemanusiaan di Gaza yang semakin memburuk.

"Indonesia sangat marah terhadap memburuknya situasi di Gaza terutama situasi kemanusiaan. Kita terus ikuti secara dekat perkembangan di Gaza," tutur Jokowi.

Mantan Gubernur DKI ini menegaskan bahwa posisi Indonesia sangat jelas dan tegas mengutuk serangan militer Israel yang menyasar rakyat dan fasilitas sipil.

"Dan posisi Indonesia sangat jelas dan tegas, mengutuk keras serangan acak terhadap masyarakat sipil dan fasilitas sipil di Gaza," tegasnya.

Saat ini, kata Jokowi, Indonesia terus melakukan komunikasi dengan banyak pihak untuk mengupayakan penyelesaian masalah ini.

“Kekerasan harus dihentikan, gencatan senjata harus terus diupayakan, bantuan kemanusiaan harus terus didorong dan dipercepat, diakselerasi,” tandasnya.

Sedangkan bantuan dari berbagai negara lain diketahui sudah masuk ke Gaza sejak Minggu lalu setelah perbatasan dengan Arab Saudi dibuka.

Puluhan truk yang membawa bantuan berupa obat-obatan serta makanan telah memasuki wilayah Gaza.

Pasokan bantuan sempat tertahan saat militer Isreal mengancam akan menyasar truk yang membawa bantuan ke Gaza.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: disway.id