Jokowi Kumpulkan Tiga Bakal Capres di Istana Negara

Jokowi Kumpulkan Tiga Bakal Capres di Istana Negara

Presiden Jokowi makan siang bareng tiga bakal capres, yakni Prabowo Subianto, Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo di ruang makan Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (30/10/2023). -(Antara)-

NOMORSATUKALTIM - Presiden Joko Widodo mengumpulan tiga bakal calon presiden (capres) Pilpres 2024, dalam agenda makan siang yang berlangsung di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (30/10/2023).

Prabowo Subianto, Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo kompak hadir pada jamuan makan siang yang dimulai sekitar pukul 12.30 WIB tersebut.

Jokowi bersama ketiga bakal capres itu duduk mengelilingi meja makan bundar di ruang makan Istana Merdeka, Jakarta.

Jokowi mengenakan pakaian batik putih bercorak biru, sedangkan Ganjar Pranowo dengan batik merah, Prabowo dengan batik coklat dan Anies Baswedan mengenakan batik coklat tua.

Dilansir dari Antara, menu makanan yang dihidangkan dalam makan siang tersebut, di antaranya ayam rolade, lontong, rendang, jus jeruk, ayam kecap, hingga tahu masak bacem.

Sebelum jamuan makan siang, Ganjar Pranowo sempat menyapa awak media.

"Udah sempat makan, nggak?" kata Ganjar.

Agenda makan siang tersebut digelar usai Jokowi memberikan arahan kepada para penjabat kepala daerah se-Indonesia di Istana Kepresidenan, Jakarta.

Sebelumnya, hingga hari terakhir pendaftaran Capres dan Cawapres untuk Pemilu 2024, Rabu (25/10/2023), tiga pasangan calon mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI.

Mereka ialah pasangan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka, Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar, serta pasangan Ganjar Pranowo dan Mahfud Md.

Pasangan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar, diusung Koalisi Perubahan yang terdiri dari tiga partai politik (parpol), yakni Partai Nasdem, PKB dan PKS.

Sementara Ganjar Pranowo dan Mahfud MD, diusung oleh empat parpol, yakni PDIP, PPP, Perindo, dan Hanura.

Sedangkan Prabowo-Gibran Rakabuming Raka diusung oleh Koalisi Indonesia Maju (KIM) yang diketahui sebagai koalisi tergemuk terdiri dari Gerindra, Golkar, PAN, Demokrat, PBB, Gelora, Garuda, PSI.

KPU RI telah menetapkan masa kampanye pemilu mulai tanggal 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, sementara pemungutan suara dijadwalkan pada tanggal 14 Februari 2024.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: