Kaltim Borong 6 Penghargaan Lingkungan dari KLHK

Kaltim Borong 6 Penghargaan Lingkungan dari KLHK

Menteri LHK, Siti Nurbaya Bakar menyerahkan piagam penghargaan kepada Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kaltim, Encek Achmad Rafiddin Rizal, di Jakarta, pada Selasa (24/10/2023).-(Disway/ Istimewa)-

NOMORSATUKALTIM - Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) memborong 6 kategori penghargaan dari Pemerintah Pusat melalui Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) dalam Program Kampung Iklim (Proklim) 2023.

Pertama, Penghargaan Apresiasi Pembinaan Program Kampung Iklim Tingkat Provinsi. Kategori ini telah diraih Kaltim selama tiga tahun berturut-turut. Yakni sejak tahun 2021, 2022 dan 2023.

Kedua, Penghargaan Proklim kategori Tropy Lestari untuk Kelurahan Teritip Kecamatan Balikpapan Timur, Kota Balikpapan.

Ketiga, Penghargaan Proklim kategori Tropy Utama untuk Kelurahan Gunung Telihan, Kecamatan Bontang Barat, Kota Bontang.

Berikutnya, Apresiasi Pembinaan Proklim Tingkat Kota untuk Pemerintah Kota (Pemkot) Bontang.

Selanjutnya, piagam apresiasi pendukungProklim Tahun 2023 diraih oleh PT. Kaltim Methanol Industri dan PT. Kilang Pertamina Internasional RU V Balikpapan.

Penghargaan diserahkan langsung oleh Menteri LHK, Siti Nurbaya Bakar di Auditorium Dr. Ir. Soedjarwo Gedung Manggala Wanabakti Jalan Gatot Subroto Jakarta, pada Selasa (24/10/2023).

Diterima oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kaltim, Encek Achmad Rafiddin Rizal. Sekaligus mendampingi penerima penghargaan Program Kampung Iklim (ProKlim) Tahun 2023 untuk kategori Lestari dan kategori Utama.

"Penerimaan Penghargaan tersebut menjadi bukti bahwa Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur melalui Dinas Lingkungan Hidup terus mengimplementasikan gerakan pengendalian perubahan iklim berbasis komunitas sebagai bentuk pengakuan pemerintah atas inisiatif, dedikasi, dan komitmen masyarakat di yurisdiksi Provinsi Kalimantan Timur dalam melaksanakan kegiatan adaptasi dan mitigasi perubahan iklim," jelas Kepala DLH Kaltim, EA Rafiddin Rizal.

Upaya ini merupakan dukungan Provinsi Kaltim dalam merealisasikan program Pemerintah Pusat untuk mencapai target 20.000 Kampung Iklim pada Tahun 2024.

Terkait dengan penghargaan Proklim yang telah diterima oleh Kabupaten/Kota di Benua Etam, Rizal mengaku sangat bangga dan mengapresiasi kerja keras, kerja cerdas, serta kerja ikhlas yang telah dilakukan oleh semua pihak.

Raihan ini membuat Provinsi Kalimantan Timur bisa mendapatkan penghargaan Proklim tingkat provinsi dari KLHK.

Rizal menambahkan, bahwa kedua kalinya Provinsi Kalimantan Timur menerima penghargaan Proklim untuk kategori Lestari dengan kewajiban lokasi yang diusulkan wajib melakukan pembinaan pada 10 lokasi Kampung Iklim.

Pada Tahun 2023, jumlah Kampung Iklim yang diusulkan melalui SRN Kementerian LHK- RI oleh Dinas LH Provinsi Kalimantan Timur sebanyak 40 kampung/desa/kelurahan yang terdiri dari 7 kabupaten/kota.

Rinciannya, Kota Balikpapan 1 usulan, Kota Bontang 2 usulan, Kabupaten Kukar 12 usulan, Kabupaten Kubar 1 usulan, Kabupaten Kutim 7 usulan, Kabupaten PPU 12 usulan, dan Kabupaten Paser 5 usulan.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: