Akmal Harap Santri Berkontribusi untuk Kejayaan Negeri

Akmal Harap Santri Berkontribusi untuk Kejayaan Negeri

Pj Gubernur Kaltim Akmal Malik.--dok. Humas PPU

NOMORSATUKALTIM – Penjabat Gubernur Kaltim Akmal Malik, berharap santri terus meningkatkan keimanan, ketakwaan, dan kontribusi untuk kejayaan Indonesia. Ia juga mengucapkan Selamat Hari Santri Nasional 2023 kepada masyarakat dan para santri di provinsi ini.

"Santri pahlawan pendidikan yang harus tetap semangat dan berdedikasi dalam era penuh tantangan," kata Akmal Malik pada apel peringatan Hari Santri Nasional 2023, kemarin.

Akmal Malik mengatakan jihad, kini tidak hanya pertempuran fisik, melainkan pada perjuangan intelektual yang harus dijalani penuh semangat. Ia juga mengingatkan pentingnya membangun keseimbangan antara akhlak dan keimanan, serta rohani dan jasmani.

"Santri penjaga terdepan pertempuran melawan ketidakpahaman, kebodohan, dan ketertinggalan. Santri adalah pejuang ilmu pengetahuan yang tidak kenal lelah dalam mengejar pengetahuan dan kebijaksanaan sebagai senjata utama," ujarnya.

Akmal Malik mengingatkan pentingnya pembinaan santri terhadap pemahaman Alquran dan pembinaan terhadap akhlak. Ia juga mendorong kolaborasi yang lebih kuat antara Kementerian Agama, pondok pesantren, organisasi Islam, serta pendakwah.

"Kami berharap ke depan pembinaan agama dapat seimbang dengan pembinaan aspek lain. Ormas Islam harus berkolaborasi. Sekali lagi, selamat Hari Santri Nasional dan kami akan berusaha yang terbaik bagi Kaltim," tuturnya.

Dalam rangkaian agenda Hari Santri 2023 di Kaltim, Akmal Malik juga mengikuti zoom meeting di Gedung Odah Etam kompleks Kantor Gubernur mendengarkan sambutan Presiden Joko Widodo sebagai inspektur apel Hari Santri Nasional yang dipusatkan di Tugu Pahlawan Kota Surabaya.

Di kesempatan itu Kakanwil Kemenag Provinsi Kaltim Abdul Khaliq  mengatakan momentum hari santri ini juga agar menjadikan seluruh ormas Islam terus bersatu. 

Peringatan Hari Santri di Kaltim dihadiri Kepala Kanwil Kemenag Abdul Khaliq, Ketua MUI yang juga Imam Besar Masjid Baitul Muttaqin Islamic Center KH Muhammad Rasyid, Ketua Baznas Kaltim KH Akhmad Nabhan, Ketua PWNU Kaltim Fauzi Bahtar dan Ketua PW Muhamadiyah Kaltim KH Siswanto Sunandar. (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: antara