Kejurprov Kaltim Diikuti Ribuan Atlet Muda

Kejurprov Kaltim Diikuti Ribuan Atlet Muda

Kejurprov Kaltim 2023.--Antara Foto - Arumanto

NOMORSATUKALTIM – Kejuaraan Provinsi se-Kaltim 2023, diikuti ribuan atlet usia muda dari sejumlah kabupaten dan kota di Kalimantan Timur. Kejurprov tahun ini mempertandingkan enam cabang olahraga, yang dihelat di GOR Kadrie Oening, Samarinda.

Kejuaraan ini digelar Desain Besar Olahraga Nasional aka DBON Kaltim untuk mencari bibit atlet muda potensial Kaltim. Yang akan dipersiapkan menjadi atlet profesional. Kejurprov ini dihelat pada 20-22 Oktober 2013. "Peserta sebanyak 1.670 atlet usia muda," ujar Ketua DBON Kaltim Zairin Zain, dilaporkan AntaraKaltim, Sabtu (21/10/2023).  

Enam cabang olahraga yang dipertandingkan di antaranya taekwondo dan pencak silat yang digelar di Kompleks Polder Air Hitam. Untuk bulu tangkis, atletik, kempo, dan gulat dihelat di Gelora Kadrie Oening.

Kompetisi ini terbagi menjadi dua kelompok usia, yaitu usia 9-12 tahun untuk tingkat SD dan 13-15 tahun untuk tingkat SMP.

Zairin mengatakan pihaknya telah menyiapkan kuota 10 atlet terbaik masing- masing cabang olahraga untuk dibina secara khusus menjadi atlet profesional.

Atlet yang masuk dalam kriteria tersebut akan menjadi tanggung jawab DBON untuk dimasukkan dalam akademi pelatihan olahraga yang dipusatkan di Wisma atlet GOR Kadrie Oening Samarinda.

“Total ada 120 atlet terbaik yang kami biayai, mulai dari pendidikan hingga program latihan khusus untuk olahraga," jelas Zairin.

Selain itu, Zairin juga menjanjikan memberi bonus untuk atlet yang berhasil memecahkan rekor khususnya untuk olahraga atletik.

Kepala Dispora Kaltim Agus Hari Kusuma mengatakan bahwa DBON ini perannya mencari potensi bibit atlet usia muda, untuk dilatih dan dibina menjadi atlet masa depan daerah dan juga nasional.

"DBON ini seperti akademi untuk mempersiapkan atlet dari nol hingga mereka bisa menjadi atlet profesional di masa depan," kata Agus. 

Ia mengatakan peran DBON berbeda dengan KONI yang lebih fokus menyiapkan atlet sudah jadi untuk membela daerah di berbagai kejuaraan nasional. Seperti Kejurnas atau Pekan Olahraga Nasional. (*)

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: antara