Kelurahan Baru Latih Warganya Siap Siaga Kebakaran

Kelurahan Baru Latih Warganya Siap Siaga Kebakaran

Suasana pelatihan Balakarcana di Kelurahan Baru Kecamatan Tenggarong.-(ist)-


--

Kukar, nomorsatukaltim - Kelurahan Baru di Kecamatan Tenggarong, telah mengadakan penyuluhan dan pelatihan pemadam kebakaran di Balai Pertemuan Umum (BPU), Selasa (10/10/2023). 

Kegiatan ini diikuti 20 warga Kelurahan Baru dengan pendampingan dari Basarnas Samarinda dan Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Disdamkarmatan) Kutai Kartanegara (Kukar).

Lurah Kelurahan Baru, Bayu Ramanda, menjelaskan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan kesiapsiagaan warga dalam menghadapi kebakaran yang sering terjadi di Kukar. 

Bayu juga mengungkapkan bahwa setelah pelatihan ini, Kelurahan Baru akan melakukan rekrutmen relawan sesuai dengan arahan dari Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kukar.

"Kami ingin agar warga Kelurahan Baru dapat berperan aktif dalam pemadam kebakaran. Kami juga ingin memupuk semangat gotong royong dan tanggap bencana di kelurahan kami," kata Bayu.

Koordinator Siaga Satu Reserse Basarnas Samarinda, Riqi Efendi, menjelaskan bahwa pelatihan ini meliputi ilmu Pertolongan Pertama Medis (Medical First Responder/MFR) yang penting dalam memberikan pertolongan pertama kepada korban. 

MFR adalah langkah awal dalam tim penyelamatan yang bertujuan untuk melindungi diri sendiri, lingkungan sekitar, tim, dan korban.

Riqi menekankan pentingnya pemahaman kompetensi yang diperlukan dan pelatihan berkelanjutan karena pengetahuan di bidang ini terus berkembang. 

"Kami berharap pelatihan ini memberikan manfaat besar bagi masyarakat Kelurahan Baru," ungkap Riqi. (*/adv/kominfokukar_23)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: