Tiga Hari Berturut-turut, Festival Pesisir 2023 Guncang Muara Badak

Tiga Hari Berturut-turut, Festival Pesisir 2023 Guncang Muara Badak

Festival Pesisir 2023 di Kecamatan Muara Badak-(istimewa)-


--

Kukar, nomorsatukaltim- Setelah kesuksesan mencuri perhatian dengan KukarLand Festival 2023, Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Pemkab Kukar) akan menghadirkan event besar lainya, yakni Festival Pesisir 2023. 

Kegiatan tersebut bekerja sama dengan Tirtonegoro Art Festival dan akan digelar di Pantai Panrita Lopi di Kecamatan Muara Badak, Kukar. Selama tiga hari mulai 13 hingga 15 Oktober 2023.

Kolaborasi ini akan menjadikan Festival Pesisir sebagai salah satu event nasional yang sangat dinanti-nantikan.

Akan ada enam kegiatan festival di sepanjang tepi Pantai. Yakni Lomba Tari Pesisir, Pertunjukan Seni dan Budaya, Lomba Baca Puisi, Lomba Domino, Lukis Kanvas, dan Jalan Santai.

Pengunjung akan dimanjakan dengan berbagai permainan tradisional, pemutaran film, pameran UMKM, pesisir coffee, Talkshow Pemuda Pesisir, parade musik, outbound pesisir, demo memasak, lomba lari, voli pantai, pemuda inovatif, sepak bola pantai, serta penyematan gelar Duta Pesisir.

Festival ini juga akan menjadi platform untuk mempromosikan kekayaan budaya lokal serta pembelajaran mengenai tradisi maritim.

Pengunjung akan memiliki kesempatan untuk belajar cara membuat alat tradisional menangkap kepiting "Rakang" dan teknik mencabut duri ikan Bandeng. 

Selain itu, akan ada pemaparan mengenai ciri-ciri ikan segar dan cara menangkap ikan "Ijar Pesisir."

"Festival Pesisir adalah wadah kami untuk memperkenalkan pariwisata, seni, dan budaya Kalimantan Timur secara mendalam," kata Rahmat Azazi, penyelenggara Festival Pesisir 2023.

Pemkab Kukar dengan antusias mendukung kegiatan ini, dengan fokus pada pendukungan terhadap inisiatif pemuda setempat. 

Dukungan juga telah datang dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

Wakil Bupati Kukar, Rendi Solihin, dengan senang hati menyambut Tirtonegoro Art Festival ini. 

Ia menegaskan bahwa acara ini akan melibatkan pelaku usaha kreatif dan UMKM, dan mencerminkan komitmen Pemkab untuk mendukung aktivitas positif yang dilakukan oleh pemuda-pemuda Kukar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: