Fadillah Arbi Aditama Temani Mario Aji di Moto3 Mandalika 2023

Fadillah Arbi Aditama Temani Mario Aji di Moto3 Mandalika 2023

Fadillah Arbi Aditama--Instagram

NOMORSATUKALTIM – Pebalap Indonesia yang kini tengah berlaga di ajang FIM JuniorGP World Championship, Fadillah Arbi Aditama, resmi dapat wildcard untuk tampil di gelaran dunia Moto3 Mandalika pada 13-15 Oktober 2023.

Arbi akan tampil bersama Honda Team Asia, yang juga menaungi rider Indonesia lainnya, Mario Aji.

Pembalap Astra Honda Racing Team (AHRT) ini memang punya torehan bagus di FIM JuniorGP World Championship. Pembalap berusia 18 tahun ini secara mengejutkan berhasil merebut podium satu di seri Catalunya, Spanyol.

Kemenangan ini diraih Arbi meski dirinya start dari posisi 16 dalam balapan kedua seri Catalunya yang berlangsung pada pertengahan Juli lalu.

Raihan ini membuat Arbi tercatat sebagai pebalap Indonesia pertama yang memenangi balapan JuniorGP.

Saat ini, pemuda Purworejo tersebut bercokol di peringkat 17 klasemen sementara Junior GP. Arbi mengoleksi 36 poin dengan satu sesi tersisa, yakni seri Valencia yang berlangsung pada 5 November 2023 mendatang.

Lewat rilis resminya awal pecan ini, Manajer Honda Team Asia, Hiroshi Aoyama, mengaku senang bisa menaungi Arbi di Mandalika akhir pekan nanti.

Tanpa membebani dengan target muluk, ia berharap Arbi bersenang-senang menjalani debut di Grand Prix.

"Kami senang mengumumkan pembalap Astra Honda Motor, Arbi Aditama, akan menjalani wildcard di Mandalika bersama kami. Ia berpartisipasi di FIM JuniorGP, meraih kemenangan luar biasa di Catalunya. Ini partisipasi pertamanya di kejuaraan dunia. Jadi, ini akan jadi pengalaman serba baru baginya," ujar Aoyama melalui rilis resmi Honda Team Asia.

"Selain itu, ia melakukannya di GP kandangnya (Mandalika). Ini berarti ekspektasinya dan fansnya bakal tinggi. Saya senang bisa memberinya kesempatan ini, dan saya ingin ia dapat pengalaman yang menyenangkan demi membantu kariernya. Saya harap ia akan menikmati akhir pekan ini," lanjut juara dunia GP250 tahun 2009 tersebut.

Usai menang di Catalunya, Arbi menyatakan dirinya berharap bisa berkompetisi secara penuh di Moto3 pada 2024 mendatang.

"Target saya tentu ingin menjaga prestasi. Sisanya dua seri di JuniorGP, saya akan berusaha untuk mencapai posisi top five di setiap seri. Tentang tahun depan, dari diri saya sendiri, saya berharap dapat berkompetisi di Grand Prix Moto3. Namun, masih belum ada kepastian," ungkapnya.

Melalui wildcard kali ini, Arbi akan menjadi tandem Mario Aji dan pembalap asal Jepang, Taiyo Furusato di Honda Team Asia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: