Ketua DPRD Kukar Ikuti Program Penghijauan di Samboja Barat

Ketua DPRD Kukar Ikuti Program Penghijauan di Samboja Barat

Kukar, nomorsatukaltim.com – Ketua DPRD Kutai Kartanegara (Kukar) Abdul Rasid bersama Polda Kaltim mengikuti kegiatan penanaman pohon di Kecamatan Samboja Barat, Rabu (23/8/2023).

Penghijauan tersebut merupakan agenda ASEAN Ministerial Meeting on Transnational Crime (AMMTC) ke-17 yang berlangsung serentak di seluruh Indonesia.

Salah satu rangkaian acara tersebut melibatkan Kepolisian Republik Indonesia (Polri) dalam program penghijauan dengan tema "Penghijauan Sejak Dini, Polri Lestarikan Negeri".

Selain Abdul Rasid, sejumlah perwakilan dari Polda Kaltim, Polres Kukar, Camat Samboja Barat, tokoh masyarakat juga mengikuti kegiatan tersebut.

Abdul Rasid pun ikut serta dalam penanaman 1.209 bibit pohon. Jenis pohon yang ditanam meliputi trembesi, tanjung, angsana, jengkol, kemiri, meranti, balangeran, dan pohon Kapur.

Proses penanaman dilakukan di dua lokasi, yaitu di Km 45 Kelurahan Bukit Merdeka dan Km 43 Kelurahan Sungai Merdeka.

"Kami memberi apresiasi atas kegiatan yang dilakukan hari ini, karena fokus pada penanaman jutaan bibit pohon. Saat ini, kita menghadapi krisis penghijauan," kata Rasid

Rasid juga berharap bahwa upaya penghijauan yang dijalankan di Samboja Barat dapat membantu memulihkan kualitas udara di Kaltim, terutama setelah beberapa kasus kebakaran hutan dan lahan (karhutla) terjadi di beberapa lokasi di wilayah tersebut.

Langkah ini juga dianggap sebagai langkah positif dalam memperbaiki kondisi lingkungan di Kaltim, khususnya di wilayah Kukar.

Upaya konkret ini diharapkan dapat menciptakan lingkungan yang lebih segar dan memberikan manfaat jangka panjang.

"Melalui kegiatan ini, diharapkan polusi udara dapat berkurang," imbuhnya. (*/Adv/dprdkukar_23)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: