TikTok Jadi Aplikasi Paling Banyak Diakses Pelanggan Indosat Selama Mudik Lebaran

TikTok Jadi Aplikasi Paling Banyak Diakses Pelanggan Indosat Selama Mudik Lebaran

Balikpapan, Nomorsatukaltim.com – Aplikasi hiburan TikTok menjadi aplikasi yang paling banyak diakses pelanggan Indosat selama libur lebaran 2023. Aplikasi asal Tiongkok itu mengalahkan WhatsApp, Youtube, Instagram, dan Facebook. Data ini dirilis Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat), Selasa (25/4/2023) saat melaporkan perkembangan jangkauan jaringan. Sementara aplikasi permainan yang paling digunakan  ialah Mobile Legend, Free Fire, dan PUBG. SVP - Head of Network Operations Indosat Ooredoo Hutchison, Agus Sulistio, mengatakan, pada periode libur Lebaran tahun ini, pemakaian aplikasi media sosial mengalami kenaikan sebesar 45%, messaging dan video call naik 28%, mobile gaming naik 14%, serta streaming video dan musik naik 10% dibandingkan dengan lebaran tahun lalu. “Tercatat pelanggan Indosat paling banyak mengakses aplikasi TikTok, WhatsApp, Youtube, Instagram, dan Facebook saat mengisi waktu mudik dan liburnya, termasuk penggunaan aplikasi permainan daring seperti Mobile Legend, Free Fire, dan PUBG,” kata Agus Sulistio dalam keterangan pers. Lebih jauh Agus menambahkan, Indosat mencatatkan kenaikan lalu lintas data sebesar 15% dibandingkan dengan hari normal tahun ini. Melalui analisa yang berdasarkan data statistik di masa libur Lebaran tahun-tahun sebelumnya, Indosat berhasil mengantisipasi lonjakan trafik data yang signifikan di berbagai kota tujuan dan rute mudik di Pulau Jawa. Berbagai aktivitas peningkatan kualitas jaringan telah dilakukan secara terpusat dan di lapangan untuk memastikan pelanggan menikmati pengalaman digital terbaik. Untuk menjaga performa jaringan Indosat, tim internal dan mitra di command center dan di lapangan selalu siaga dalam mengantisipasi mobilitas dan kebutuhan pelanggan yang dinamis. Dengan peralatan dan dashboard khusus untuk pemantauan kualitas jaringan dan pengalaman digital pelanggan secara terus-menerus serta proaktif selama 24 jam 7 hari, 74% tiket pengaduan pelanggan berhasil diselesaikan kurang dari kurun waktu 24 jam sejak dilaporkan. Pengguna aktif aplikasi self-service bima+ dan myIM3 di sepanjang bulan Ramadan tahun ini juga naik dibanding bulan sebelumnya, dan terus tinggi di masa libur Lebaran. Selain untuk memenuhi kebutuhan dasar telekomunikasi, pelanggan juga turut berpartisipasi dalam berbagai program dan promosi menarik yang ada di aplikasi tersebut. Trafik pengguna yang mengakses aplikasi tersebut juga menunjukkan tren kenaikan yang sama di bulan Ramadan dibandingkan hari normal tahun ini. Hal tersebut mengindikasikan tren pemanfaatan kanal layanan digital yang semakin luas oleh pelanggan Indosat dalam memenuhi kebutuhan telekomunikasinya. “Dengan jaringan Indosat yang 100% terintegrasi, kami berkomitmen untuk terus meningkatkan pengalaman digital pelanggan yang menyesuaikan kebutuhan dan gaya hidup mereka. Hal ini sejalan dengan visi Indosat untuk menjadi perusahaan telekomunikasi digital yang paling dipilih di Indonesia,” ujar Agus. Saat ini perusahaan berhasil meningkatkan jangkauan yang lebih baik dan luas kepada pelanggannya di musim Lebaran 2023. Perusahaan telekomunikasi internasional itu telah mengintegrasikan 100% jaringan di 46 ribu sites di seluruh Indonesia. Dampaknya, jaringan Indosat bisa dinikmati sampai kampung halaman sampai level kecamatan pada periode libur Idulfitri 1444 Hijriah. Peningkatan lalu lintas data pelanggan tertinggi terjadi pada malam takbiran yang melonjak 25% dibandingkan Lebaran tahun sebelumnya. Indosat telah mempersiapkan diri menghadapi periode libur Lebaran tahun ini dengan meningkatkan kapasitas, pengawasan intensif melalui command center fisik di kantor pusat dan regional, serta dukungan pelayanan pelanggan yang prima. Sebagai tambahan, kualitas layanan telekomunikasi dasar lainnya seperti telepon dan SMS tetap terjaga di level tertinggi. "Tingginya kenaikan trafik data membuktikan bahwa pelanggan menikmati jaringan terintegrasi Indosat yang memberikan jangkauan lebih luas, kualitas layanan indoor yang lebih baik, serta pengalaman internet yang lebih cepat,” kata Agus Sulistio. (*)  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: