Cangkang Sawit Produksi Kaltim 5 Besar Nasional

Cangkang Sawit Produksi Kaltim 5 Besar Nasional

Nomorsatukaltim.com - Produksi cangkang sawit asal Kaltim terbanyak skala nasional. Bahkan tercatat dalam 5 besar se-Indonesia.

Selama ini Indonesia terkenal dengan produsen minyak kepala sawit terbesar sedunia, dengan 26 provinsi yang turut membudidayakan komoditas kelapa sawit, seperti dilaporkan Antara. Kalimantan Timur termasuk dalam 5 besar produksi cangkangbsawit, setelah Provinsi Sumatera Utara.

Dijelaskan Kepala Balai Karantina Pertanian Balikpapan, Akhmad Alfaraby, komoditas kelapa sawit di sektor pertanian menjadi salah satu potensi yang dimiliki Kalimantan Timur. Sebab jumlah komoditas yang tinggi dan tersebar di beberapa kabupaten atau kota Kaltim.

"Pertanian Kaltim memiliki potensi yang begitu besar di komoditas sawitnya, bahkan diakui secara Nasional terkait jumlah peoduksi," paparnya, Jumat.

Selain komoditas tumbuhan, Kaltim juga memiliki 99 pabrik pengolahan kelapa sawit yang tersebar di beberapa kabupaten atau kota. Sehingga semakin meningkat produksi minyak sawit atau Cruse Palm Oil (CPO).

Dari data Dinas Perkebunan Provinsi Kaltim, lanjutnya, beberapa kabupaten dari 99 pabrik aktif. Yaitu di Kabupaten Kutai Timur terdapat 38 pabrik yang tersebar pada 12 kecamatan.

Sedangkan untuk kapasitas produksi TBS terpasang sebanyak 2,082 ton per jam dan yang terpakai sebanyak 1.911,32 ton per jam.

Kemudian di Kabupaten Kutai Kartanegara terdapat 19 pabrik pengolahan kelapa sawit yang tersebar pada 11 kecamatan. Untuk kapasitas produksi TBS terpasang sebanyak 1.035 ton per jam dan yang terpakai sebanyak 918,87 ton per jam.

Di Kabupaten Penajam Paser Utara tercatat ada enam pabrik pengolahan kelapa sawit pada tiga kecamatan, kapasitas produksi TBS terpasang tercatat 360 ton per jam dan yang terpakai sebanyak 238,33 ton per jam. (*)

Reporter: Muhammad Taufik

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: