20 Tahun Pinjam Kantor, Proyek Gedung BKAD Kubar Ditarget Selesai Akhir Tahun

20 Tahun Pinjam Kantor, Proyek Gedung BKAD Kubar Ditarget Selesai Akhir Tahun

Kubar, Nomorsatukaltim.com - Proyek gedung baru Badan Keuangan, Aset dan Daerah (BKAD) Kubar, ditarget rampung akhir tahun ini. Bangunan yang tepat berada di samping kantor Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kubar itu, hingga sekarang terpantau dikebut pekerjaannya.

Kepala BKAD Kubar, Sahadi mengatakan, penyelesaian proyek diharap mampu diselesaikan sesuai dengan kontrak tahun tunggal (single year). Ia membeberkan capaian progres pembangunan saat ini sudah selesai pondasi dasarnya. “Sekarang sudah masuk tahap cor lantai atas atau lantai kedua. Rencananya dibangun tiga lantai. Tapi aturan baru Kementerian PU, bangunan negara tidak boleh tiga lantai lagi. Mau tidak mau ikuti aturan saja,” terang Sahadi. Selain itu, kata dia, bangunan gedung baru ini akan digunakan sebagai pelayanan dan gudang arsip. Sebab, keuangan selama ini sudah menjadi barometer. “Bagimana kita bisa meningkatkan pelayanan dan sebagainya? Kalau tidak didukung sarana dan prasarana yang memadai,” ungkapnya Ditambahkan Sahadi, keterbatasan volume pada kantor awal atau yang sekarang ini, diakui mempengaruhi pelayanannya. “Dari sisi pelayanan, tumpuannya di keuangan semua. Contohnya, ruang rapat memiliki satu ruangan saja. Ketika ruangan itu digunakan BPK untuk pemeriksaan, tidak ada lagi ruangan untuk rapat,” imbuhnya. Sahadi akui, beban tugas di keuangan itu cukup besar. Dengan kondisi pelayanan yang sekarang ini, memang belum maksimal. Terutama, dengan menggunakan aplikasi nantinya. Untuk pelayanan di Bagian Perbendaharaan itu, rencana akan menerapkan pelayanan dengan sistem loket seperti diperbankan. Jadi berkas mereka antar di luar dan memverifikasinya. Misalkan, berkasnya lengkap dilanjut. Jika tidak lengkap, akan dikembalikan untuk melengkapi berkasnya. “Menerapkan sistem loket ini, mengurangi orang-orang berjubel dan masuk ke dalam sehingga juga dapat mengurangi risiko keamanan,” ujarnya. Dengan alasan itulah, ia berupaya meminta dan memohon kepada Pemkab melalui DPRD Kubar bisa disetujui dibangunnya kantor baru ini. Karena selama ini, kantor BKAD belum memiliki kantor sendiri, sekitar 20 tahun sejak berdirinya Kabupaten Kubar. “Kantor yang digunakan sekarang ini, dulunya pinjam. Kantor ini, diperuntukkan untuk Dinas Perhubungan (Dishub) Kubar. Kalau sudah jadi kantor baru, tinggal proses pengembalian dengan membuat berita acara dan serah terimanya,” terangnya Terpisah, perwakilan kontraktor, Udin mengatakan, untuk pengerjaan pembangunan gedung kantor BKAD sudah sekitar 35 persen. “Saat ini, masih pemasangan ring balak dan Insya Allah, pada akhir Desember 2021 bisa selesai,” ujar Kepala Cabang PT Qirelis Mandiri Jaya ini. Diketahui, gedung baru ini memiliki dua bangunan. Yakni, gedung utama memiliki ukuran sekitar 18 x 66 meter dan gedung arsip dengan ukuran 18 x 4 meter. “Untuk luas bangunan lantai pertama dan kedua masing-masing sekitar 1.740 meter persegi atau dengan total sekitar 3.480 meter persegi,” terangnya. (luk/zul)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: