PTM Terbatas di PPU Batal, Tunggu PPKM Level 4 Dicabut

PTM Terbatas di PPU Batal, Tunggu PPKM Level 4 Dicabut

Sudah disiapkan jauh-jauh hari, pembukaan pembelajaran tatap muka (PTM) secara terbatas di masa pandemi COVID-19 di Penajam Paser Utara (PPU) ditunda.

nomorsatukaltim.com - Sesuai rencana awal, kegiatan belajar langsung itu akan dimulai setelah pemberlakukan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) Mikro berakhir pada 20 Juli 2021.

Alih-alih berakhir, pemberlakuan justru diperpanjang. Bahkan statusnya ditingkatkan menjadi PPKM Level 4. Membuat Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) mau tak mau mesti mengikuti kebijakan. 

"Terkait adanya PPKM Level 4, pastilah berpengaruh pada PTM terbatas yang sedang kita siapkan. Pertama kita mengikuti kebijakan itu," ujar Kepala Disdikpora PPU Alimuddin, Minggu (1/8/2021).

Tingginya kasus penyebaran COVID-19 belakangan ini memang membuat Pemkab PPU turut mengambil berbagai kebijakan senada daerah lainnya. Disdikpora PPU lalu melanjutkan pembelajaran via daring yang selama ini masih berjalan.

Adapun PTM terbatas yang tengah disiapkan itu dengan berbagai mekanisme. Tentu melihat situasi dan kondisi yang mempertimbangkan keadaan sekolah di tiap wilayah. Ada yang digelar di sekolah-sekolahan. Dengan membatasi pesertanya didik dan waktu belajar.

Ada juga dengan sistem home visit atau kunjungan ke rumah siswa. Tentu semua itu dengan menerapkan protokol kesehatan (prokes) ketat. 

"PTM di sekolah akan diputuskan kembali setelah PPKM Level 4 berakhir tanggal 8 Agustus. Nanti kita rapatkan lagi," ucapnya.

Alimuddin mengatakan, sebelum pembelajaran tatap muka dilaksanakan terlebih dahulu akan dikoordinasikan dengan Satgas Penanganan COVID-19 PPU. Tak ingin gegabah. Ia nanti juga akan berkoordinasi hingga satgas di tingkat kecamatan dan desa. 

"Makanya kita nanti cek kembali kesiapan itu. Jangan sampai ada hal yang menjadi hambatan dan belum terpenuhi," pungkasnya. (rsy/zul)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: