Pilihan Kuliah Sesuai Jurusan dan Keahlian

Pilihan Kuliah Sesuai Jurusan dan Keahlian

Samarinda, Nomorsatukaltim.com - Politeknik Negeri Samarinda (Polnes) yang beralamat di Jalan Cipto Mangunkusumo, Samarinda Seberang ini kembali membuka pendaftaran mahasiswa baru (PMB) tahun akademik 2021/2022. Pendaftaran perguruan tinggi negeri (PTN) yang memiliki 25 program studi (Prodi) ini (lihat grafis), memiliki lima jalur masuk secara online. Dengan harapan calon mahasiswanya bisa memilih kuliah sesuai jurusan.

Di antaranya seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN), seleksi bersama masuk politeknik negeri (SBMPN). Seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri (SBMPTN), seleksi bersama masuk politeknik negeri (SBMPN), dan jalur mandiri.

“Kami ajak para alumni SMA dan SMK di Kaltim untuk kuliah sesuai jurusan keahliannya di Polnes. Dijamin, lulus Polnes akan kompeten dan bisa langsung kerja ke berbagai perusahaan besar," jelas Direktur Polnes, Lamri melalui Wakil Direktur (Wadir) I Bidang Akademik, Budi Nugroho pada Harian Disway Kaltim dan Nomorsatukaltim.com.

Untuk SNMPTN Diploma (D4) jalur prestasi, yakni melalui rekomendasi sekolah. Pendaftaran ini dibuka pada 15-24 Februari, dan pengumuman pada Senin 22 Maret. Pada 2021, pendaftaran jenjang D4/S1 dikelola oleh lembaga tes masuk perguruan tinggi (LTMPT) dan diikuti oleh 34 Politeknik Negeri se-Indonesia. Jadi pendaftar bisa melalui portal LTMPT. Selanjutnya SNMPN D3 juga jalur prestasi. Dinilai dari akademik rapor sekolah. Dibuka 1-19 Maret, dan pengumuman pada 6 April. Kemudian, SBMPTN D4, dibuka 15 Maret sampai 1 April 2021. Pelaksanaan ujian tulis berbasis komputer (UTBK) ini dibagi dua gelombang. Pertama 12-18 April, gelombang ke-2 pada 26 April sampai 2 Mei. Pengumumannya 14 Juni 2021. Kuliah Sesuai Jurusan "Jalur SBMPN pendaftaran pada 10 Mei sampai 10 Juni 2021. Pelaksanaan ujian 12 Juni dan pengumuman 19 Juni. Jika kuota masih ada, maka Polnes akan membuka jalur mandiri D3-D4," ujar Budi didampingi Wadir II, Dedy Irawan. Untuk tes mandiri para pendaftar bisa mengunjungi portal Polnes di https://pmb.polnes.ac.id/. Kuota D4 ada 580 kursi lewat LTMPT. D3 kuotanya 800, dan mandiri 462. Total keseluruhan kuota Polnes di 2021 ada 1.842 calon mahasiswa baru (maba) dari 25 prodi. Meningkat dari tahun lalu sekitar 150 maba. Jumlahnya di 2020 lalu ada 1.700. "Tahun ini Polnes ada penambahan 3 Prodi. Jadi dijadwalkan akan ada 2 ribu pendaftar. Prodi itu adalah D4 Sumber Daya Air, S2 Teknik Sipil, S2 Administrasi Bisnis," pungkas Budi diamini Wadir 3, Ahyar Muhammad Dyah, dengan harapan bisa kuliah sesuai jurusan. (hry/zul) 25 Prodi yang dimiliki Polnes Prodi D3 ⦁ Akuntansi ⦁ Administrasi Bisnis ⦁ Teknik Perawatan dan Perbaikan Mesin ⦁ Teknik Alat Berat ⦁ Teknik Sipil ⦁ Teknik Listrik ⦁ Teknik Petro dan Oleo Kimia ⦁ Desain Produk ⦁ Arsitektur ⦁ Pariwisata ⦁ Teknik Informatika ⦁ Teknik Komputer ⦁ Teknika ⦁ KPNK ⦁ Nautika Prodi D4 ⦁ Rekayasa Jalan & Jembatan ⦁ Akuntansi Manajerial ⦁ Manajemen Pemasaran ⦁ Teknologi Kimia Industri ⦁ Keuangan dan Perbankan ⦁ Teknik Mesin Produksi dan Perawatan ⦁ Teknik Informatika Multimedia ⦁ Teknik Listrik ⦁ Teknik Rekayasa Komputer ⦁ Usaha Perjalanan Wisata Kuliah Sesuai Jurusan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: