NasDem Belum Tentukan Sikap, Baru Buka Penjaringan Akhir Bulan Ini

NasDem Belum Tentukan Sikap, Baru Buka Penjaringan Akhir Bulan Ini

Rizal Effendi saat dimintai keterangan soal sikap NasDem. ==========  

Balikpapan, DiswayKaltim.com - Mendaftarnya Yohana Palupi Arita dan Ahmad Basir ke PDI Perjuangan. Sebagai bakal calon wali kota Balikpapan. Beberapa waktu lalu. Membuat Partai NasDem Balikpapan menjadi sorotan.

Dua sosok itu tak asing di lingkaran Partai NasDem Balikpapan. Arita, istri Rizal Effendi. Ketua DPD Partai NasDem Balikpapan. Meski bukan kader, namun hubungannya erat. Langsung dengan ketua partai.

Sementara Basir, pengurus inti struktural partai, skala kota. Sebagai bendahara DPD Partai NasDem Balikpapan.

Ketua DPD Partai NasDem Balikpapan Rizal Effendi memberi tanggapan. Secara resmi, partainya belum menentukan pilihan. Terhadap siapa yang akan diusung pada Pilwali Balikpapan 2020.

"Calon resmi diputuskan oleh NasDem  (DPP Partai Nasdem). Belum ada calon resmi. Calon resmi NasDem belum diputuskan karena pendaftarannya (bacalon wali kota) juga belum," katanya kepada DiswayKaltim.com, Selasa (17/9/2019).

Akhir September ini, beber Rizal, pihaknya akan membuka pendaftaran bakal calon (bacalon) wali kota Balikpapan. Pendaftaran, kata dia, terbuka untuk umum.

"NasDem buka pendaftaran akhir bulan nanti. Setelah itu, baru melakukan seleksi," lanjutnya.

Menurut Rizal, soal pilihan terhadap siapa yang akan diusung Partai NasDem, apakah Arita atau Basir, ia menyerahkan ke mekanisme partai. Oleh karena itu, siapa yang akan mendaftar ke Partai NasDem, itulah yang akan diusung oleh partai itu. Melalui mekanisme partai.

"Kan tidak ada calon pribadi. Ini kan calon partai. Kita tunggu keputusan partai. Kita membuka kesempatan baik yang di dalam (kader) maupun dari luar (non kader)," ungkapnya.

Disinggung soal salah satu kadernya sekaligus pengurus inti partai di Balikpapan. Yakni Ahmad Basir. Yang telah mendaftar ke PDI Perjuangan sebagai bacalon wali kota. Menurutnya itu tak masalah.

"Pak Basir daftar ke PDIP itu boleh. Memang kita sudah minta petunjuk. Tapi NasDem sendiri belum memutuskan. Baru mau buka pendaftaran akhir bulan," jelasnya.

Ditanya sikap pribadinya, memilih dan mengusulkan siapa di antara keduanya (Arita atau Basir), Rizal kembali ke mekanisme partai.

"Nanti kalau kita usulkan, kemudian enggak daftar, ya enggak bisa juga. Kita tunggu yang mendaftar di NasDem siapa saja yang datang. Kalau sudah seperti itu (mendaftar) baru," pungkasnya.

Partai NasDem memiliki tiga kursi di DPRD Balikpapan. Perolehan kursi, belum bisa mengusung satu pasangan calon di Pilwali Balikpapan. Artinya, kalau telah memiliki calon, NasDem juga harus mencari pasangan koalisi. Dengan partai lain. Hingga perolehan kursi berjumlah sembilan. Syarat mengusung satu pasangan calon. (sah/dah)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: