Pasar Seni Tenggarong Akan Direvitalisasi

Pasar Seni Tenggarong Akan Direvitalisasi

Kukar, nomorsatukaltim.com - Kawasan Pasar Seni Tenggarong, yang berada tepat disamping Museum Mulawarman sedikit mulai memancarkan pesonanya. Perlahan kawasan yang sudah mulai ditinggalkan itu, mulai bangkit lagi. Berawal dari sentuhan anak-anak muda yang merubah fungsi Pasar Seni menjadi tempat nongkrong. Kini Pemkab Kutai Kartanegara (Kukar) mulai membuka mata lagi terhadap potensi kawasan ini.

Orang nomor satu di Kukar, Edi Damansyah. Belakangan mengapresiasi langkah anak-anak muda itu. Edi bilang pemanfaatan Pasar Seni sebagai tempat bercokolnya kafe-kafe yang menjajakan makanan dan minuman. Adalah langkah awal pengembangan ekonomi kreatif di Kukar. Sesuai dengan program yang dijalankan pemkab.

Tak ingin anak-anak muda itu berjalan sendiri. Edi mengatakan pemkab berencana untuk turut andil. Melalui revitalisasi Pasar Seni. Yang saat ini masih dalam tahap perencanaan.

"Jadi memang revitalisasinya (Pasar Seni) akan kita lakukan," ujar Daman –sapannya- pada Disway Kaltim, Selasa 29 Desember 2020.

Tak hanya bangunan dasarnya saja yang direvitalisasi. Kawasan sekitarnya pun akan dibuat cantik. Agar semakin menarik minat calon pembeli. Dan makin menegaskan Pasar Seni sebagai representatif Kukar di bidang ekonomi kreatif.

Daman menjelaskan akan ada pengembangan zonasi-zonasi tempat pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) menjalankan usahanya. Termasuk kawasan sekitar Jembatan Kartanegara. Yang mulai dipercantik dengan lampu warna-warni, seperti di Korea Selatan itu.

"Harus ada perencanaannya supaya pekerjaannya tuntas, tidak setengah-setengah," pungkasnya.

Sejauh ini, kawasan di Pasar Seni Tenggarong terus berkembang. Ada tujuh kedai yang sudah beroperasi. Yang menghadirkan konsep food court khas anak milenial. Yang menyiapkan berbagai macam varian kuliner. Meskipun di konsep dengan gaya milenial. Tapi tidak mengubah struktur asli suasana Pasar Seni yang ada sejak dulu.

Ada misi yang coba diangkat para milenial. Yakni mencoba menjadikan kawasan Pasar Seni menjadi salah satu kawasan tujuan pelancong ke Kukar.

"Belum ke Tenggarong kalau belum ke Pasar Seni," ujar Ira, salah satu owner kedai di Pasar Seni. (mrf/ava)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: