Relawan Damba Kukar Diajari Cara Taklukkan Ular

Relawan Damba Kukar Diajari Cara Taklukkan Ular

Kukar, nomorsatukaltim.com –Pemadam Kebakaran Kukar coba menguatkan lagi relawan yang selama ini membantu mereka di lapangan. Pada para relawan, terkhusus relawan tanggap kebakaran. Mereka melakukan penyuluhan dan pelatihan penanganan hewan berbisa dan tidak berbisa. Baik itu jenis reptile. Atau pun hewan lainnya yang kerap meresahkan masyarakat.

Ada 10 kelompok relawan yang ambil bagian. Karena memang keahlian ini teramat penting dimiliki para relawan. Yang tak jarang mendapat aduan dari warga. Soal keberadaan ular dan hewan lainnya.

Instruktur pelatihannya didatangkan dari Animal Rescue Samarinda. Sementara pelatihannya sendiri dilakukan di Markas Komando (Mako) Pemadam Kebakaran Bakungan (Damba). Desa Bakungan Kecamatan Loa Janan, Kukar pada Minggu 27 Desember 2020 pagi.

Peningkatan keahlian ini diharapkan agar ke depan. Para relawan bisa mengatasi aduan keberadaan hewan dengan aman. Tidak hanya berbekal keberanian saja.

"Sehingga tidak hanya bisa membantu BPBD dalam penanganan kebakaran saja," ujar Ketua Damba Syahrudinoor pada Disway Kaltim, Minggu 27 Desember 2020.

Tak hanya diberikan teori saja. Animal Rescue Samarinda juga memberi praktik langsung. Spesifikasi yang dicontohkan adalah cara menaklukkan ular. Untuk bisa ditangkap tanpa harus membunuh hewan tersebut.

Karena pada Desember 2020 ini saja. Untuk Grup Relawan Samba menerima sedikitnya 4 aduan dari masyarakat. Yang terusik dan terganggu hewan jenis ular, yang masuk ke pemukiman warga.

Namun tidak menutup kemungkinan, ked epan bakal dilakukan penanganan dari jenis hewan reptil lainnya, seperti biawak. Atau hewan pengganggu lainnya, termasuk tawon yang kerap kali memiliki sarang di rumah warga.

"Ini akan jadi program berkala. Hari ini pertama dimulai, awal tahun dilaksanakan akan dilaksanakan lagi," pungkas Syahrudinoor.

Kegiatan yang dilaksanakan hingga siang tadi, melibatkan sedikitnya ada 10 grup relawan. Yakni Relawan Damba, Sahabat Fire Rescue, GM FKPPI Fire Rescue, Rengkas Fire Rescue, Resse Fire Rescue, Pemuda Mahakam Rescue, Damkar Junior, Pramuka Peduli, RBS Batuah, dan Sigap Trisada. (mrf/ava)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: