Kukar Siapkan Solusi Urai Antrean BPUM di Bank

Kukar Siapkan Solusi Urai Antrean BPUM di Bank

Kukar, nomorsatukaltim.com - Dinas Koperasi dan UMKM Kutai Kartanegara (Kukar) bergerak cepat. Melihat adanya potensi penumpukan masyarakat di bank. Terkait pengurusan pencairan Bantuan Presiden Usaha Mikro (BPUM).

Koordinasi pun telah dilakukan. Bersama BNI, BNI Syariah, Bank Mandiri, BRI. Untuk menyikapi antrian yang mengular itu. Untuk menghindari dan mencegah penularan COVID-19. Yang saat ini masih naik turun.

"Kami sarankan pendaftaran dan penyerahan KTP, KK di kelurahan. Petugas bank yang ambil," jelas Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kukar, Tajuddin, pada Disway Kaltim, Selasa 22 Desember 2020.

Meskipun sudah diarahkan dan dijelaskan. Namun memang masyarakat sulit dibendung. Dan tetap mengurus segala sesuatunya langsung ke bank yang ditunjuk.

Tajuddin mengatakan, menumpuknya masyarakat di bank. Dikarenakan masyarakat harus melakukan konfirmasi ke pihak bank yang ditunjuk. Dan mengikuti arahan selanjutnya. Namun, Tajuddin memastikan semuanya masih berjalan dengan lancar.

Sejak dibuka masa pengusulan pada Juli, Agustus hingga November. Total ada sebanyak 30 ribu lebih pelaku usaha yang diajukan. Tahap pertama 10 ribu, dan tahap kedua 20 ribuan lebih. Itu baru pengajuan melalui Dinas Koperasi dan UMKM, belum lagi dari bank dan pegadaian.

Tajuddin berharap, bagi yang menerima BPUM, bisa memanfaatkan bantuan senilai Rp 2,4 juta tersebut tepat sasaran. Sesuai peruntukannya.

Tajuddin menyebutkan ada kemungkinan bantuan tahap ketiga bakal dibuka. Pada tahun 2021 mendatang. Diperuntukkan bagi pelaku usaha yang belum terdaftar, maupun yang mendaftar tapi tidak berhasil lolos verifikasi.

"Bagi yang belum menerima atau kemarin yang gagal, itu petunjuknya," pungkas Tajuddin. (mrf/ava)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: