Pemkot Bentuk Tim Lokal Sambut IKN

Pemkot Bentuk Tim Lokal Sambut IKN

Wali Kota Balikpapan, Rizal Effendi. (Fey/diswaykaltim.com)

Balikpapan, DiswayKaltim.com – Pemerintah Kota Balikpapan akan membentuk tim untuk menampung aspirasi masyarakat dalam menyongsong ibu kota negara baru (IKN).

Tim lokal itu akan diisi berbagai lapisan masyarakat. Seperti pelaku usaha, akademisi, berbagai profesi hingga tokoh masyarakat.

Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi mengatakan, tim dibentuk untuk memastikan masyarakat daerah turut ‘mencicipi’ dampak positif pemindahan ibu kota negara.

“Bukan cuma kalangan usaha, seluruh masyarakat Balikpapan memperoleh manfaat dari rencana pemindahan ibu kota negara di Kaltim,” katanya, Kamis (13/9/2019).

Tim yang belum memiliki bentuk dan nama itu rencananya diisi dewan penasehat yang  berasal dari Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda).

Forum ini terdiri dari pimpinan eksekutif, legislatif dan yudikatif di daerah. Yakni kepala daerah, ketua DPRD, kepala Kepolisian Resort Kota, komandan Komando Distrik Militer, kepala Kejaksaan Negeri, dan kepala Pengadilan Negeri. Ditambah juga komandan Pangkalan TNI Angkatan Udara dan komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut.

Bahkan, Rizal bilang, tim ini juga akan melibatkan kepala Perwakilan Bank Indonesia Balikpapan, Kadin serta para praktisi. Seperti arsitek, praktisi hukum dan dokter.

Tugas utama tim adalah menampung aspirasi seluruh elemen masyarakat. Untuk kemudian disampaikan kepada pemerintah pusat.

“Nanti menjadi wadah untuk diskusi dan memberi masukan terkait peluang masyarakat dalam meningkatkan ekonomi. Sehingga warga Balikpapan tidak hanya menjadi penonton,” ucap wali kota dua periode itu.

Rizal menargetkan, selambat-lambatnya Oktober nanti tim sudah terbentuk. Sehingga sudah bisa bekerja menyumbang pemikiran yang positif.

Pemerintah akan mengundang sejumlah pihak untuk penyusunan tim. Agar memperoleh komposisi ideal yang mencerminkan perwakilan masyarakat. (k/fey/eny)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: