Kukar Jajaki Tempat Penyimpanan Vaksin COVID-19

Kukar Jajaki Tempat Penyimpanan Vaksin COVID-19

Kukar, nomorsatukaltim.com - Saat ini Dinas Kesehatan (Diskes) Kutai Kartanegara (Kukar) terus melakukan persiapan, terkait kedatangan vaksin COVID-19. Setelah disebutkan Kalimantan Timur (Kaltim) bakal kebagian 2,2 juta vaksin.

Kepala Diskes Kukar Martina Yulianti menjelaskan, terkait jumlah yang bakal diterima oleh Kukar. Dirinya enggan menyebut angka besarannya. Belum ada kepastian menjadi alasannya untuk hemat bicara. Namun bisa jadi, diangka ratusan ribu  vaksin yang bakal dikantongi Kukar.

Malah saat ini, Martina mengatakan sedang mempersiapkan fasilitas pendukungnya. Seperti tempat penyimpanan vaksinnya. Cold room namanya. "Saat ini sedang dipersiapkan (Kukar)," jelas Martina singkat saat dihubungi oleh Disway Nomor Satu Kaltim, Kamis 3 Desember 2020.

Hal itu pun sedang dilakukan penjajakan. Bersama pemerintah daerah. Di mana baiknya menyimpan kebutuhan vaksin tersebut. Yang kemudian akan didistribusikan ke kecamatan-kecamatan di Kukar yang memang membutuhkan proses vaksinasi.

Kemungkinan terbesar nantinya akan diletakkan di Gudang Farmasi Kabupaten (GFK). Milik Diskes Kukar.

Sedangkan untuk petugas pelaksana vaksinasi atau vaksinatornya. Martina mengatakan akan memaksimalkan tenaga kesehatan (nakes) juru imunisasi. Dan posisi tersebut bisa dipenuhi oleh Diskes Kukar secara mandiri.

"Mungkin akhir tahun baru bisa statement lebih," pungkas Martina.

Pemkab Kukar berharap, jatah vaksin COVID-19 dari pemerintah pusat untuk Kaltim yang mencapai 2,2 juta itu. Bisa diterima maksimal oleh Kukar. Melihat jumlah kasus COVID-19, Kukar jadi urutan ketiga se-Kaltim.

Diskes Kukar pun mengaku sudah melakukan pendataan terkait jumlah nakes, yang diprioritaskan untuk di vaksin terlebih dahulu. Ada sekitar 2 ribu tenaga kesehatan yang sudah terdata. Yang tersebar di 18 kecamatan se-Kukar. (mrf/ava)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: