Cegah ISPA Dampak Kabut Asap, Masyarakat Diimbau Gunakan Masker

Cegah ISPA Dampak Kabut Asap, Masyarakat Diimbau Gunakan Masker

Petugas BPBD Balikpapan membagikan masker kepada masyarakat di sekitar BSCC Dome, Rabu (11/9/2019) pagi.

Balikpapan, Diswaykaltim.com - Kabut asap masih melanda Balikpapan. Masyarakat pun riskan terjangkit penyakit saluran pernapasan.

Selain mengimbau untuk menggunakan masker. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Balikpapan juga turun langsung membagikan masker gratis kepada masyarakat. Khususnya pengendara roda dua yang tengah beraktivitas di luar ruangan.

Kepala BPBD Kota Balikpapan Suseno mengatakan, pembagian masker ini bertujuan untuk mencegah terjadinya Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA) yang disebabkan oleh adanya kabut asap dalam beberapa hari terakhir ini.

"Kita sengaja bagi masker ini kepada warga agar mencegah ISPA," ujar Suseno, Rabu (11/9/2019) di perempatan lampu merah BSCC Dome.

Lanjut Suseno, masker yang dibagikan adalah hasil sumbangan dari Dinas Kesehatan Kota Balikpapan, beberapa rumah sakit, perusahaan medis di Balikpapan yang keseluruhannya berjumlah 3.000 masker.

"Total ada 3.000 hasil pengumpulan Selasa kemarin," jelasnya.

Pembagian masker ini sendiri terbagi menjadi tiga titik. Yakni, di perempatan BSCC Dome, perempatan Balikpapan Baru dan pertigaan Plaza Balikpapan dengan waktu yang bersamaan sekira pukul 7.30 Wita.

Selaim akan terus membagikan masker  selama kabut asap terjadi Suseno mengimbau masyarakat untuk bisa mandiri menggunakan masker yang dibeli sendiri dengan kualitas yang lebih baik.

"Kan kalau beli sendiri kualitas bisa lebih bagus," pungkasnya.

Seperti diketahui, sejak Senin (9/9/2019) lalu Balikpapan diserang kabut asap. Kiriman dari kebakaran hutan dan lahan yang terjadi di Kabupaten Penajam Paser Utara. Asap terlihat menebal pada pagi hari dan cukup berdampak pada pernapasan. (k/bom/eny)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: