KPU Mahulu Temukan 1.300 Surat Suara Rusak

KPU Mahulu Temukan 1.300 Surat Suara Rusak

Mahulu, nomorsatukaltm.com – Logistik berupa kotak dan surat suara untuk pelaksanaan Pilkada Mahakam Ulu (Mahulu) 2020 sudah tiba di Kantor KPU Mahulu, Kampung Long Bagun Ilir, Kecamtan Long Bagun.

“Kotak suara saat ini disimpan di gudang milik KPU Mahulu di Kampung Long Bagun Ilir,” jelas Ketua KPU Mahulu, Frederik Melawen kepada Disway Nomorsatu Kaltim di Ujoh Bilang, Selasa (24/11).

Sementara itu, surat suara sebanyak 29.208 lembar sedang dilipat dan disortir oleh para petugas. Ada 25 orang yang melipat dan menyortir surat suara tersebut. Pada hari pertama, terdapat sekitar 1.300 surat suara yang rusak.

Dalam catatannya, satu bundel terdiri 2.000 lembar. Tetapi saat disortir dan dilipat, terdapat surat suara yang kurang. “Ada juga yang lebih di dalam bundel itu,” ujar Melawen.

Kasus lain, terdapat bercak tinta di kotak pasangan calon dalam surat suara. Besaran bercak tinta itu tidak sama di setiap surat suara.

“Kami (KPU Mahulu) menganggap itu rusak. Sehingga kami bisa minta ke penyedia lagi untuk dicetak ulang surat suara sejumlah yang rusak,” ungkapnya.

Kata dia, KPU Mahulu belum bisa berkoordinasi dengan Basawlu. Karena komisionernya tidak berada di kantor.

Proses percetakan logistik berupa kotak dan surat suara, bilik, sampul, serta formulir dilaksanakan penyedia yang memenangkan pelelangan di KPU RI.

Diketahui, surat suara untuk Pilkada Mahulu, termasuk delapan kabupaten/kota di Kaltim yang mengadakan Pilkada 2020, dicetak oleh PT Temprina, Gresik, Jawa Timur. (imy/qn)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: