Kresna Nusantara Bertugas untuk Kemanusiaan

Kresna Nusantara Bertugas untuk Kemanusiaan

Samarinda, nomorsatukaltim.com - Kebakaran kerap terjadi di Samarinda. Hal ini yang membuat beberapa pemuda di Jalan Nusantara tergerak hatinya. Sehingga berdirilah sebuah komunitas relawan kebakaran dan bencana. Relawan Kresna Nusantara dipilih untuk menjadi nama komunitas itu.

Ketua Relawan Kresna Nusantara, Budi membayangkan bagaimana susahnya orang yang kehilangan rumah usai dilalap api. Dari situ ia merasa perlu ada penanganan cepat dalam kebakaran. “Kresna Nusantara dibentuk atas dasar kemanusiaan,” tutur Budi kepada Disway Nomorsatu Kaltim, Senin (23/11).

Dalam menggerakkan komunitas itu, ia tidak begitu pusing. Sebab semua sumber pendanaan berasal dari sumbangsih anggota. Kata dia, hal seperti ini lumrah. Bayak dilakukan komunitas di Samarinda.

Kini beberapa unit kendaraan pencegah kebakaran telah dimiliki komunitas tersebut. Salah satunya unit sepeda motor matik. Yang dimodifikasi. Agar bisa mengangkut mesin penyemprot air dan selang pemadam kebakaran.

Suka duka telah berulang kali dirasakan Relawan Kresna Nusantara. Namun itu bukan halangan bagi mereka untuk terus melakukan kegiatan kemanusiaan ini.

Masih banyak orang yang memandang sebelah mata relawan ketika pemadaman kebakaran. Kebiasaan warga Samarinda yang berkerumun kala menonton kebakaran menjadi kesulitan tersendiri bagi mereka.

Ia berharap keberadaan mereka tidak lagi dipandang sebelah mata. Sebab tujuan mereka murni karena kemanusiaan. “Cukup dengan membukakan jalan ketika di TKP dan tak ikut memenuhi lokasi hanya untuk menonton. Itu sudah cukup,” sebutnya.

Tetapi di beberapa momen, ia dan rekan-rekannya juga kerap mendapat apresiasi warga. Walaupun hanya sebatas ucapan terima kasih. Meski hanya dikasih makanan dan minuman ketika api padam, hal itu dirasa cukup.

Menurut dia, rasa puas muncul ketika dia dan teman-temannya bisa membantu petugas, serta berhasil memadamkan api. “Apalagi jika rumah yang terbakar sedikit. Atau api tidak jadi meluas. Itu kepuasan tersendiri bagi kami,” kata Budi. (top/qn)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: