Safaruddin Serius Mendaftar sebagai Bacalon Wali Kota Balikpapan 2020

Safaruddin Serius Mendaftar sebagai Bacalon Wali Kota Balikpapan 2020

Safaruddin (kedua kanan) saat mengambil formulir pendaftaran bacalon wali kota di sekretariat PDIP Balikpapan. ========  

Balikpapan, DiswayKaltim.com - Ini momen yang ditunggu-tunggu. Irjen Pol (Purn) Safaruddin ternyata serius maju pada Pemilihan Wali Kota (Pilwali) Balikpapan 2020 nanti.

Minggu (8/9/2019), Safaruddin membuktikan tekadnya. Dia datang ke Sekretariat PDI Perjuangan (PDIP) Balikpapan untuk mengambil formulir pendaftaran. Sebagai bakal calon (Bacalon) wali kota Balikpapan.

Saat pengambilan formulir Puang Safar, tampak hadir pula ketua dan sekretaris Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Balikpapan. Juga anggota DPRD Balikpapan asal PKB, Taufik Qul Rahman. PDIP dan PKB tergabung satu fraksi di DPRD Balikpapan.

"Kita lihat perkembangan kedepan. Sehubungan dengan Kaltim ditunjuk sebagai ibu kota negara. Balikpapan dianggap strategis. Untuk itu saya mengambil formulir hari ini. Tentunya kita akan konsolidasi untuk PDIP Balikpapan. Artinya, mesin partai harus bergerak maksimal," kata Safaruddin, di sekretariat PDIP itu.

Mantan Kapolda Kaltim ini menekankan keseriusannya. Maju di pesta demokrasi Balikpapan 2020 nanti.

"Ya serius lah. Masa main-main. Kalau mendaftar ke KPU (Komisi Pemilihan Umum) dan persyaratan memenuhi, ya mundur (dari jabatan DPR RI). Memang aturannya begitu," ujarnya, saat ditanya apakah ia siap melepas jabatan anggota DPR RI jika menjadi calon wali kota.

"Di mana-mana kan sama. Di DPR mengabdi ke masyarakat. Kalau pun jadi (wali kota) ya mengabdi juga ke masyarakat. Sama kan," lanjutnya.

Meski sebagai pimpinan PDIP Kaltim, Safaruddin tak serta merta diusung partainya. Karena mekanisme dan survei yang harus dijalankan partai. Terutama tentang survei elektabilitas.

"Belum. Ini kan ada pendaftaran. Kan ada mekanismenya. Ambil formulir, nanti ke DPD. Di DPD diteliti (berkas), kemudian direkomendasikan ke DPP PDIP. Jadi masih panjang," tuturnya.

Mendaftar ke PDIP menjadi syarat awal. Untuk mendapatkan rekomendasi partai berlambang banteng itu. Tak terkecuali bagi internal atau kader PDIP yang ingin maju. Nama-nama yang telah mendaftar, akan disaring sesuai mekanisme partai. Sebelum diputuskan untuk diusung.

Untuk diketahui, PDIP membuka pendaftaran bacalon wali kota dan wakil wali kota Balikpapan. Pendaftaran dibuka mulai 2 September 2019. Berakhir hari ini, Minggu (8/9). (sah/dah)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: