Derap Langkah Gasifikasi Batu Bara

Derap Langkah Gasifikasi Batu Bara

Padahal, bila batu bara mentah diolah di dalam negeri menjadi bahan baku setengah jadi dan jadi penuh, bisa membuat nilainya meningkat berkali-kali lipat.  “Yang tidak kalah pentingnya kita bisa membuka lapangan kerja yang sebanyak-banyaknya,” kata dia. 

Untuk itu, Jokowi meminta para jajaran menteri dan pihak-pihak terkait agar bisa mempercepat proses hilirisasi batu bara. Ia juga menyebut perlu peta jalan (road map) yang jelas mengenai rencana hilirisasi tersebut. 

Lebih lanjut, Jokowi ingin road map hilirisasi batu bara berisi strategi dan target terkait produk turunan apa saja yang akan diproduksi dan dibutuhkan industri.

Selain itu, juga turut ditentukan berapa banyak volume produksi, wilayah cadangan komoditas, lokasi produksi yang akan dikembangkan, hingga pasarnya. 

“Pastikan wilayah yang memiliki cadangan batu bara yang cukup untuk menjamin pasokan dan kebutuhan batu bara dalam proses hilirisasi ini,” katanya. 

Sementara untuk bentuk hilirisasi, ia mengatakan, proses-proses yang bisa dilakukan mulai dari peningkatan mutu industri atau upgrading. Lalu, diteruskan dengan memproduksi briket batu bara, kokas, pencairan batu bara, gasifikasi batu bara sampai dengan campuran batu bara. 

“Saya minta road map optimalisasi pemanfaatan batu bara di dalam negeri betul-betul dipercepat dengan penerapan teknologi yang ramah lingkungan,” tuturnya. (cnn/ktn/qn)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: