Ketua KPU Balikpapan Bantah Langgar Protokol Kesehatan

Ketua KPU Balikpapan Bantah Langgar Protokol Kesehatan

Balikpapan, nomorsatukaltim.com – Sudah hampir sepekan Ketua KPU Balikpapan Noor Thoha tak muncul dipublik. Ia menjalani isolasi mandiri. Setelah dinyatakan positif COVID-19. Ia membantah. Protokol kesehatan telah dilanggar.  

Saat dikonfirmasi via seluler, Noor Thoha mengaku kondisinya kian membaik. Ia mengaku tidak mengetahui secara pasti kondisinya sebelum melakukan uji swab secara mandiri di salah satu laboratorium klinik swasta, Sabtu (24/10). Sebelumnya Thoha mengaku sudah melakukan rapid test yang dilakukan secara berkala, namun hasilnya non reaktif.

“Saya Rabu, rapid test. Hasilnya, non reaktif. Tiba-tiba, Jumat, saya merasa (indra) penciuman saya hilang. Kemudian saya langsung swab,” ujarnya, saat dikonfirmasi, Kamis (29/10/2020).

Keputusan swab mandiri itu atas dasar pencarian informasi seputar gejala COVID-19, dan berkonsultasi dengan istrinya.

Baca juga: Nah Ham, Kompetisi Liga 1 dan Liga 2 Dimulai Awal Tahun 2021

Karena kondisinya itu banyak kalangan yang merasa bahwa Thoha telah melanggar protokol kesehatan atau prokes. Sebab masih beraktivitas setelah uji swab. Padahal menurutnya, isolasi mandiri dilakukan bagi orang yang hasil tes swabnya reaktif.  

"Sekarang begini, melanggarnya di mana karena status kesehatan saya non reaktif. Jadi itu tidak benar, kecuali saya reaktif, saya nekat, baru disemprot," bantahnya.

Detik-detik hasil test swab itu memang sampai ditangannya di waktu yang sangat tidak tepat. Yakni bersamaan dengan waktu pelaksanaan debat Pasangan Calon (Paslon) Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas'ud dan Wakil Wali Kota Thohari Azis, di Hotel Grand Djokro.

Ia tak mengira terpapar. Sebab saat itu tidak ada keluhan kesehatan seperti sesak nafas dan demam. Hanya saja ia sempat kehilangan indra penciumannya selama sehari.

"Saya minum kopi kok gak ada aroma kopi, nyemprot parfum kok juga ga ada baunya, di situ muncul gelagat lalu saya periksa," ungkapnya. Ia mengaku khawatir akibat sensitivitas indera penciumannya itu.

Bahkan Thoha mengaku masih menjalani rutinitas olahraga bulu tangkis. Thoha juga masih sempat memastikan persiapan akhir acara debat.

Kini Thoha tengah menjalani isolasi mandiri di Embarkasi Asrama Haji Batakan, Balikpapan Timur. Ia mengaku kondisinya sudah lebih baik saat ini. Bahkan ia lebih senang menjalani isolasi mandiri di Asrama Haji, meski Tim Satgas Penanganan COVID-19 Balikpapan, menawarkan isolasi di Wisma Inhutani.

"Memang tempatnya seperti hotel, tapi saya sendirian. Kalau di embarkasi ramai dan lebih leluasa melakukan aktivitas," imbuhnya. (ryn/boy)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: