Pilwali Balikpapan 2020, PDIP Buka Pendaftaran Bakal Calon

Pilwali Balikpapan 2020, PDIP Buka Pendaftaran Bakal Calon

Muhammad Bahrul Nur (baju hitam, tengah). Ketua tim pendaftaran bakal calon wali kota dan wakil wali kota Balikpapan bersama jajaran tim pendaftaran dan penjaringan lainnya. (Ariyansah/Disway Kaltim)

Balikpapan, DiswayKaltim.com - PDI Perjuangan mulai membuka pendaftaran bakal calon (bacalon) wali kota dan wakil wali kota untuk Pemilihan Wali Kota (Pilwali) Balikpapan 2020.

Pendaftaran Ini dalam rangka penjaringan bakal calon. Untuk memutuskan siapa sosok yang akan diusung partai berlambang banteng itu. Pada pesta demokrasi pemilihan kepala daerah tahun depan.

"Pendaftaran kita buka hari ini. Selama satu pekan. Sampai 8 September 2019. Tempat pendaftaran sekretariat partai," kata Muhammad Bahrul Nur, ketua tim penjaringan dan pendaftaran bakal calon wali kota dan wakil wali kota Balikpapan, Senin (2/9/2019).

Dibukanya pendaftaran ini berdasarkan surat DPP PDI Perjuangan. Dengan perihal instruksi pemetaan daerah dan penjaringan bakal calon kepala daerah untuk Pilkada Serentak 2020.

"Pendaftaran dibuka untuk umum. Dari internal partai (PDIP) bisa. Juga dari eksternal atau bukan kader partai (PDIP) juga bisa mendaftar," lanjutnya.

Batas waktu pengembalian berkas 9 hari. Mulai 9-17 September.

"Ada syarat-syarat yang harus dilengkapi. Selain biodata. Surat pernyataan komitmen, visi misi bakal calon. Dan beberapa persyaratan lain yang ditentukan. Itu (persyaratan) ada di formulir. Kalau dari internal partai, harus melampirkan KTA (Kartu Tanda Anggota)," jelas Bahrul, didampingi jajaran tim pendaftaran dan penjaringan.

Ketua DPC PDI Perjuangan Thohari Aziz membeberkan, dari nama-nama yang mendaftar akan dilakukan penyaringan.

"Kita cek kelengkapan berkasnya. Kemudian disaring. Kalau ada calon yang sudah punya hasil survei, itu bisa mendukung. Itu sebagai penguat. Sebagai pertimbangan," katanya. (sah/eny)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: