Anak Presiden Lawan Tukang Jahit di Pilkada Solo

Anak Presiden Lawan Tukang Jahit di Pilkada Solo

PETA POLITIK

Pada Pilpres 2019, pasangan Joko Widodo-Ma’ruf Amin menang telak di Solo atas Prabowo Subianto-Sandiaga S. Uno. Perolehan suara Jokowi-Ma’ruf mencapai 82,22 persen. Demikian juga di Pilpres 2014. Di mana Jokowi-Jusuf Kalla meraup 84,30 persen suara warga Solo.

Hal ini tak lepas dari nama Jokowi yang pernah menjabat sebagai Wali Kota Solo selama satu setengah periode. Di samping itu, Solo secara tradisional dikenal sebagai basis terkuat PDIP: pengusung Jokowi.

Di posisi kedua, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) tertinggal jauh dengan 5 kursi. Sementara partai lain yaitu Golkar, PAN, dan Gerindra masing-masing hanya mendapat 3 kursi. PSI sebagai partai pendatang baru mampu merebut 1 kursi. PSI menggusur partai lain yang lebih besar seperti Demokrat, PKB, Nasdem, dan PPP.

KASUS CORONA

Berdasarkan data di surakarta.go.id, telah ada 609 kasus positif virus corona di Kota Solo per 23 September. Dari jumlah tersebut, 474 telah sembuh, 26 orang meninggal dunia. Masih ada 67 orang yang menjalani isolasi mandiri dan 42 dirawat di rumah sakit.

Beberapa kasus corona yang mendapat perhatian publik di antaranya Wakil Walikota Solo Achmad Purnomo dan Kepala Dinas Pendidikan Kota Solo Etty Retnowati.

Selain itu, COVID-19 di Solo juga sempat menjadi sorotan. Lantaran 100 lebih dokter dan karyawan RS Umum Daerah dr Moewardi dinyatakan positif COVID-19. Sebagian besar merupakan dokter yang sedang mengikuti Program Pendidikan Dokter Spesialis (PPDS) dari UNS. (cnn/qn)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: