Cegah Penyebaran COVID-19 di Lapas, Ganti Uang Tunai dengan Kartu e-Etam

Cegah Penyebaran COVID-19 di Lapas, Ganti Uang Tunai dengan Kartu e-Etam

Kukar, nomorsatukaltim.com - Urusan COVID-19, semata-mata bukan hanya tugas pemerintah. Namun tugas segala pihak. Dalam menekan jumlah kasus, yang sepertinya seolah terus melonjak naik.

Peran serta, juga turut diambil Lembaga Pemasyarakatan Perempuan (LPP) Kelas IIA Samarinda. Bagaimana virus asal Wuhan tersebut, tidak masuk ke wilayahnya. Salahsatunya, dengan menghindari peredaran uang tunai. Menggantinya dengan kartu elektronik. e-Etam.

"Mengurangi peredaran COVID-19 melalui uang," Kepala LPP Kelas IIA Samarinda Sri Astiana belum lama ini.

Nantinya kartu elektronik tersebut, digunakan oleh warga binaan. Untuk bertransaksi di dalam lapas. Seperti pembelian pulsa telepon, untuk menggunakan jasa warung telepon (wartel). Kegiatan jual-beli kebutuhan sehari-hari warga binaan di dalam Lapas.

Namun tidak sebatas warga binaan saja. Petugas pun diwajibkan menggunakan kartu E-Etam di dalam lapas. Dalam penggunaannya, si pemilik bisa mengisi kartu tersebut. Dengan sistem top up. Bekerja sama dengan salah satu perbankan.

"Di launching Agustus 2019, efektif berlaku Oktober 2019, wajib Januari 2020 menggunakan semua," pungkasnya.

Selain menghindari adanya penggunaan uang tunai. Untuk mencegah peredaran COVID-19 di Lapas. Kegiatan kunjungan pun dalam masa pandemi COVID-19 dihentikan sementara. Dan pihak Lapas menyediakan pelayanan video call. Untuk memfasilitasi warga binaan dan keluarganya untuk berkomunikasi. (adv/mrf)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: