Meski Masa Virus Corona, Pemkab Kubar Tetap Gelar Upacara HUT Ke-75 RI

Meski Masa Virus Corona, Pemkab Kubar Tetap Gelar Upacara HUT Ke-75 RI

Suasana upacara kemerdekaan di Kubar. (Imran/ Disway Kaltim)

Sendawar, nomorsatukaltim.com – Meski dalam masa pandemi saat ini. Pemkab Kutai Barat (Kubar) tetap melaksanakan upacara pengibaran Bendera Merah Putih di halaman Kantor Bupati di Sendawar, Senin (17/8).


Upacara yang berlangsung sejak pukul 09.00 Wita itu sederhana, khidmat, dan menggunakan protokol kesehatan pencegahan COVID-19. Sebagai Inspektur Upacara, Bupati Kubar FX Yapan. Sementara Kapten Inf Rahman Sahanung dari Kodim 0912 Kubar sebagai komandan upacara.


“Rasa haru karena berbeda dengan peringatan HUT RI beberapa tahun lalu. Karena kondisi pandemi saat ini,” kata Bupati FX Yapan, didampingi Wakil Bupati Edyanto Arkan, usai upacara itu kepada wartawan.


Diperayaan hari jadi ke-75 Republik Indonesia ini. Seluruh masyarakat ibarat berperang dengan musuh yang tidak nyata dengan pandemi saat ini.


“Sehingga pemerintah, masyarakat, dan dunia berusaha bersatu bertahan dan berupaya untuk meminimalisir potensi penularan COVID-19,” jelas Bupati.


Pemkab Kubar berharap komitmen seluruh lapisan dan stakeholder bersatu meminimalisir potensi pandemi COVID-19. Bahkan pandemi itu telah memberi pelajaran berharga bagi manusia se-dunia.


“Bersama menjaga semangat persatuan yang telah diwariskan oleh para pahlawan kusuma bangsa yang telah mendahului kita semua,” tukasnya.


“Kalau dulu bangsa Indonesia berperang mengusir penjajah. Sekarang ini berperang melawan egois. Bersatu membangun Indonesia dan daerah masing-masing,” ungkap Bupati.


Hadir pula dalam upacara itu Ketua DPRD Kubar Ridwai, Pj Sekda Achmad Sofyan, para asisten, jajaran Forkopimda, serta para pimpinan OPD dilingkup Pemkab Kubar.


Sebagai peserta upacara hadir 30 personel Kodim 0912/KBR, Polres dan Satpol PP Kubar. Pengibar bendera, merah putih dilakukan oleh tiga personel Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) Kubar.


Selain peserta yang hadir, upacara itu juga diikuti secara virtual oleh seluruh OPD dilingkup Pemkab Kubar, aparatur pemerintah kecamatan, kelurahan serta aparatur kampung di Ibu Kota Sendawar.


Bupati FX Yapan juga menyerahkan tanda kehormatan Satya Lencana Karya Satya 10, 20 dan 30 tahun, penyerahan cenderamata dan piagam penghargaan kepada para pegawai Pemkab Kubar. Juga menyerahkan bantuan paket sembako secara simbolis kepada masyarakat.(imy/ava)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: