Warga Kubar Sudah Rindukan Penerbangan Komersil

Warga Kubar Sudah Rindukan Penerbangan Komersil

Wakil Bupati Kubar, Edyanto Arkan.(Imran/nomorsatukaltim)

Sendawar, nomorsatukaltim.com – Penerbangan komersial di Bandara Melalan Sendawar, Kabupaten Kutai Barat (Kubar), telah terhenti hampir 6 bulan. Hal itu membuat masyarakat bertanya, mengapa tidak secepatnya diupayakan oleh pemerintah. Agar segera ada perusahaan penerbangan yang mengisi slot di bandara itu guna memudahkan transportasi masyarakat.

“Seharusnya secepatnya. Karena sudah hampir 6 bulan tidak ada layanan penerbangan komersial dari Kubar ke Kota Samarinda dan Balikpapan. Padahal transportasi cepat sangat diperlukan masyarakat,” kata Subandi (40), salah satu warga Kubar yang kesehariannya sebagai pengusaha sembako di Kecamatan Barong Tongkok, kepada nomorsatukaltim, Jumat (14/8).

Begitu pula dipaparkan Alfian (38), warga Kecamatan Long Hubung, Kabupaten Mahakam Ulu. Menurutnya, transportasi udara sangat diperlukan masyarakat. Seharusnya pemerintah daerah dan otoritas bandara segera bisa mengisi slot penerbangan komersial di Bandara Melalan yang sudah lama tak terisi. Setelah perusahaan armada terdahulu angkat kaki dari bandara itu.

“Iya memang sangat diperlukan, Pak. Kami dari Mahulu ke Kubar perjalanan 3,5 jam menggunakan speedboad. Nah dari Kubar ke Balikpapan seperti biasanya ikut pesawat. Sehingga perjalanan cepat. Sekarang harus ikut mobil lewat darat ke Balikpapan dari Kubar memakan waktu hampir 10 jam,” ungkapnya.

Sebelumnya, Wakil Bupati Kubar Edyanto Arkan mengatakan transportasi udara di Kubar memang sangat diperlukan. Menurutnya, beberapa waktu lalu sudah ada rencana penerbangan komersial yang akan dilakukan oleh salah satu  perusahaan penerbangan di Bandara Melalan, tetapi batal.

“Artinya dari sisi fisik bandara dan armada sudah siap untuk melakukan penerbangan itu. Hanya terkendala masalah regulasinya. Karena ada beberapa dokumen yang perlu dilengkapi lagi,” kata Edyanto Arkan kepada wartawan.

“Jadi kita syukuri dulu, dari sisi penerbangan telah menyiapkan armada yang bagus. Bandara sudah siap, hanya tinggal administrasi dari otoritas penerbangan (Kementerian Perhubungan) yang harus diselesaikan dulu,” tukas Wabup Edyanto Arkan.

Edyanto Arkan menyebut dalam waktu secepatnya pasti akan ada penerbangan komersial di Bandara Melalan Kubar. Karena memang transportasi udara sangat diperlukan oleh Kubar termasuk Mahakam Ulu.

“Karena Kubar merupakan daerah penting tujuan investasi dan wisata. Jika ditempuh satu jalur dari Balikpapan atau Samarinda terasa jauh. Tetapi ditempuh melalui udara sangat dekat sekali,” tuturnya.(imy/ava)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: