Pemkot Samarinda Segera Datangkan Mobil PCR Seharga Rp 3 Miliar, Fasilitasnya Waw…

Pemkot Samarinda Segera Datangkan Mobil PCR Seharga Rp 3 Miliar, Fasilitasnya Waw…

Samarinda, nomorsatukaltim.com- Pemkot Samarinda menyiapkan mobil polymerase chain reaction (PCR). Harganya Rp 3 miliar. Didapat melalui  dana APBD Samarinda.

Pelaksana Tugas Dinas Kesehatan (Plt Diskes) Samarinda Ismed Kosasih mengatakan jika tidak hari ini, Jum'at (7/8/2020) bisa saja Senin (10/8/2020) mobil PCR itu datang. Setelah datang, mobil itu akan ditaruh di Rumah Sakit Karantina Balai Pelatihan Kesehatan Kalimantan Timur (Bapelkes Kaltim).

"Ya untuk sementara (ditaruh) di RS Karantina Bapelkes," ucap Ismed, panggilannya, yang dihubungi melalui aplikasi pesan instan.

Sementara itu, Wali Kota Samarinda Syaharie Jaang yang ditemui di Kejaksaan Tinggi (Kejati) Kaltim menegaskan bahwa mobil PCR akan datang hari ini. Ketika mobil sudah datang, sore hari akan langsung diminta untuk beroperasi.

"Iya. Mudah-mudahan datang hari ini," ucap Jaang saat menghadiri acara Ground Breaking di Kejati Kaltim.

Jaang menuturkan akan ada serah terima saat mobil itu datang. Diketahui pula hadirnya mobil itu tidak dengan sistem lelang.

"Dinas Kesehatan juga sudah ke Jakarta untuk mengecek mobil tersebut sebelumnya, jadi kalau datang bisa langsung digunakan," tambahnya.

Untuk fasilitasnya sendiri terang Jaang ada 2 laboratorium di dalam mobil PCR tersebut. Yang dinilai akan lebih maksimal saat digunakan masyarakat untuk melakukan tes dan mengetahui hasilnya.

"Sehingga dalam waktu 45 atau 50 menit kita bisa segera mendapatkan hasilnya. Karena kan persoalannya sendiri selama ini banyak masyarakat yang menunggu hasil terlalu lama, jadi kita datangkan itu," tandasnya. (nad/boy)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: