Empat Nakes RSUD PPU Positif COVID-19, Puluhan Lainnya Dikarantina

Empat Nakes RSUD PPU Positif COVID-19, Puluhan Lainnya Dikarantina

Pintu masuk ruang screening COVID-19 di RSUD Ratu Aji Putri Botung. (Robbi/Disway Kaltim)

Penajam, nomorsatukaltim.com - Ancaman COVID-19 di Penajam Paser Utara (PPU) masih ada. Beberapa pekan memang sempat melandai. Tapi, saat ini total ada 9 pasien terkonfirmasi positif. Empat di antaranya merupakan tenaga kesehatan (nakes).

Penambahan kasus positif hari ini, Rabu (5/8/2020), ada empat. PPU 30, PPU 31, PPU 32, dan PPU 33. Tiga di antaranya nakes di RSUD Ratu Aji Putri Botung. Satu orang lagi merupakan keluarga dari PPU 25. Mertuanya.

"Kemarin sudah ada satu (PPU 25). Dengan yang hari ini jadi 4 nakes yang positif COVID-19," kata juru bicara Gugus Tugas, Arnold Wayong.

PPU 25 telah terkonfirmasi positif sejak sekira pekan lalu. Ia petugas di instalasi gawat darurat (IGD). Namun, ia sempat kontak erat dengan nakes lainnya.

Rincian empat pasien itu ialah nakes berkelamin wanita, 26 tahun asal Nipah-Nipah. Nakes laki-laki 30 tahun asal Waru dan nakes wanita 36 tahun, asal Nenang. Lalu, seorang wanita berusia 58 tahun.

"Itu ibu mertua dari PPU 25," sebutnya.

Keempatnya saat ini menjalani isolasi di RSUD. Bersama dengan pasien lainnya. Hanya ada satu pasien sebelumnya yang dirawat di RS Pertamina, Balikpapan.

Adapun dengan terkonfirmasi positifnya beberapa nakes telah dikarantina. Di wisma Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK). Terdiri dari 77 nakes. Sekira 54 petugas IGD karena kontak dengan perawat positif. Lalu 23 orang petugas dari ruang isolasi COVID-19.

"Saat ini status daerah PPU masih zona kuning," pungkasnya. (rsy/ava)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: