Kuota Pupuk Subsidi Melimpah, Pupuk Kaltim Awasi Distribusi

Kuota Pupuk Subsidi Melimpah, Pupuk Kaltim Awasi Distribusi

Stok pupuk di gudang milik Pupuk Kaltim. (HO/Pupuk Kaltim)


Bontang, nomorsatukaltim.com - Petani bisa tersenyum puas. Jatah pupuk subsidi tahun ini disiapkan cukup melimpah.

Jumlahnya mencapai 35 ribu ton, yang terdiri dari pupuk urea 14.838 ton dan NPK 20.650 ton. "Disalurkan ke 10 kabupaten dan kota se-Kaltim," ujar Superintendent Publikasi dan Dokumentasi, Departemen Humas Pupuk Kaltim, Andi Navra Kharisma melalui siaran persnya ke Disway Kaltim.

Untuk saat ini daerah pengguna pupuk subsidi terbanyak masih dari Kutai Kartanegara. Tahun ini saja, kuota pupuk subsidi sana mencapai 8.400 ton. Yang meliputi, pupuk urea 3.700 ton dan NPK sebanyak 4.700 ton.

Navra mengatakan, pola distribusi pupuk subsidi ke daerah dilakukan secara teliti. Pupuk Kaltim telah menyusun standar pendistribusian pupuk agar tepat sasaran. "Jadi kita akan memastikan setiap distribusi memenuhi prinsip 6 tepat, tepat jumlah, jenis, harga, tempar, waktu dan tepat mutu," beber Navra.

Agar tak ada 'permainan' pupuk bagi petani miskin ini, Pupuk Kaltim mengawasi di lapangan. Perusahaan menyiagakan staf Assisten Accounting Excecutive (AAE) di setiap daerah. Tugas mereka mendata seluruh pupuk yang tersalurkan memenuhi 6 prinsip tepat itu. "Selain dari pengawasan melalui pemerintah, KP3. Kami juga sediakan tenaga pengawas di lapangan," ujarnya. (wal/eny)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: