Kaltim Tuan Rumah Indonesia Investment Day 2020

Kaltim Tuan Rumah Indonesia Investment Day 2020

Samarinda, nomorsatukaltim.com - Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) menjadi salah satu daerah yang akan berpartisipasi dalam Indonesia Investment Day 2020. Bersama dengan 10 daerah lain di Indonesia. Acara promosi investasi ini akan dilaksanakan pada Agustus hingga Oktober 2020 mendatang.

Indonesia Investment Day merupakan program unggulan yang digelar oleh KBRI Singapura sejak tahun 2018. Dari acara ini, telah menarik minat banyak pemangku kepentingan dan investor dari Singapura mau pun negara lain. Acara ini akan diisi dengan berbagai kegiatan. Di antaranya, pemberian informasi mengenai proyek-proyek investasi potensial. Dan business matching yang mempertemukan para investor dan pemilik proyek.

"Di tengah situasi pandemi dan tantangan perekonomian dunia saat ini, acara Indonesia Investment Day 2020 tetap diselenggarakan secara virtual dengan memanfaatkan momentum yang ada," kata I Gede Ngurah Swajaya, Duta Besar (Dubes) Republik Indonesia untuk Singapura.

Hal itu ia sampaikan dalam acara virtual launching, Road to Indonesia Investment Day 2020. Melalui Zoom meeting pada Rabu (22/7) di KBRI Singapura. Yang diikuiti secara daring oleh sekitar 469 peserta melalui zoom dan 340 views melalui youtube. Terdiri dari Chamber of Commerce yang ada Singapura, media Singapura maupun Indonesia dan perwakilan RI di seluruh dunia.

Acara Road to Indonesia Investment Day 2020 tersebut merupakan rangkaian kegiatan menuju Indonesia Investment Day 2020 yang akan dilaksanakan mulai bulan Agustus hingga Oktober 2020.

Ngurah Swajaya menjelaskan Indonesia Investment Day tahun ini akan  menghadirkan 11 provinsi dengan lebih dari 80 proyek. Yang telah dikurasi dengan seksama dan saat ini telah siap untuk menerima investasi dari luar negeri. Proyek-proyek yang ditawarkan bersifat “ready to offer” dan “clean and clear”.

Terdapat peningkatan sekitar 30 persen untuk provinsi yang berpartisipasi dan proyek yang ditawarkan. Sementara itu, bidang-bidang investasi yang ditawarkan oleh ke 11 provinsi beragam mulai dari bidang infrastruktur, agribisnis dan pariwisata.

"Dalam rangkaian Indonesia Investment Day 2020 ini, akan dilaksanakan 11 webinar yang akan menginformasikan secara detail mengenai proyek-proyek yang ditawarkan masing-masing provinsi," ungkapnya.

Sesi Kaltim sendiri, dijadwalkan pada Selasa, 6 Oktober 2020. Yang digelar secara virtual meeting pada pukul 11 hingga 12.30 WITA. Proyek investasi yang ditawarkan Kaltim adalah Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Maloy, Kawasan Industri Kariangau, dan pembangunan Coastal Road Segmen II.

Di dalam webinar tersebut akan disediakan platform one-on-one meeting yang bertujuan untuk memfasilitasi interaksi investor asing dengan pemilik proyek dan pemerintah daerah. Untuk merealisasikan investasinya di Indonesia.

Hasil kontribusi dari Indonesia Investment Day dapat dilihat dari realisasi kuartal I dan II tahun 2020. Nilai investasi Singapura pada kuartal I naik 58 persen dari periode yang sama di tahun 2019 dengan nilai USD $ 2,72 miliar. Dan pada kuartal II naik 14 persen dari periode yang sama di tahun sebelumnya, senilai USD $ 1,95 miliar.

"Acara Indonesia Investment Day 2020 diharapkan dapat menjadi upaya konkret dalam menjawab tantangan di tengah situasi pandemi saat ini, dan lebih jauh lagi untuk merespon upaya percepatan pemulihan perekonomian nasional," pungkas Ngurah Swajaya. (krv)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: