Rahmad Calon Tunggal

Rahmad Calon Tunggal

Mungkin bisa disebut antiklimaks. Beberapa partai memilih berlabuh di pangkuan Rahmad Mas’ud. Setelah sebelumnya, DPP Hanura, kini Partai Gerindra juga menyatakan dukungan terhadap sang petahana. Jika itu terjadi, maka Rahmad berpotensi menjadi calon tunggal. Karena praktis hanya tersisa 8 kursi di DPRD Balikpapan.

--------------------  

RABU (22/7) hari ini, DPC Gerindra Balikpapan kabarnya akan menggelar jumpa pers. Terkait siapa bakal calon (Bacalon) yang akan diusung pada pemilihan kepala daerah (Pilkada) di Balikpapan 9 Desember nanti. Cukup mengejutkan. Karena Rahmad Mas’ud (RM) dikabarkan menjadi bakal calon wali kota yang akan diusung partai binaan Prabowo Subianto itu.

Padahal seperti diketahui sebelumnya, Gerindra Balikpapan seolah sama sekali tidak mengarah ke RM. Diusung sebagai bakal calon. Bahkan, sempat terjadi selisih paham ketika Gerindra Balikpapan membuka penjaringan bakal calon pada Oktober 2019 lalu. Nama Rahmad masuk dalam pendaftaran itu. Namun, ketika itu, Kashariyanto, ketua harian Golkar Balikpapan terkejut, karena tak pernah merasa mengutus orang untuk mendaftarkan ketua partainya ke Gerindra.

Namun, kemarin, Sekretaris DPD Gerindra Kaltim, Seno Aji berkata lain. Gerindra telah menetapkan pilihan. Di antara sembilan daerah yang menggelar pilkada serentak, enam daerah di antaranya sudah terbit SK dukungannya. Termasuk Balikpapan.

Keenam daerah itu yakni: Andi Harun-Rusmadi Wongso untuk Pilkada Samarinda; Rahmad Mas'ud – Sabaruddin di Balikpapan; Alphad Sarif-Arbain M. Noor di Paser; Bonifasius Belawan Geh-Yonahes Avun di Mahulu; FX Yapan-Edyanto Arkan di Kubar; Dan Muharram-Syarifatul Syadiah pada Pilkada Berau. "Enam daerah itu, sudah keluar semua rekomendasinya. Rata-rata, pekan lalu keluarnya," tambahnya.

Masih ada tiga wilayah, kata Seno, yang belum keluar. Yakni Kutim, Kukar dan Bontang. Rekomendasi yang dikeluarkan untuk setiap daerah itu, kata Seno, memang belum terekspos luas. Nantinya, para bacalon yang telah direkomendasikan itu yang mengumumkannya sendiri.

"Belum kita umumkan (secara luas). Nanti kita tugaskan mereka yang berkepentingan melakukan konferensi pers di daerahnya masing-masing," ujar ketua Badan Kehormatan (BK) DPRD Kaltim itu.

"Balikpapan, kita (Gerindra) membuat rekomendasi untuk Pak RM (Rahmad Mas'ud) dan Sabaruddin," tandasnya, Senin (20/7) lalu.

Bantah Merapat ke RM, Jumiati: Tetap AHB

Sabaruddin, adalah wakil ketua DPRD Balikpapan. Kader Gerindra. Salah satu politisi senior pula di lembaga legislatif itu. Wajar saja jika Gerindra menyandingkan itu dengan RM.

Rekomendasi usungan DPP Gerindra itu, kata Seno, dikeluarkan akhir pekan lalu. Dan surat tersebut telah diserahkan ke Sabaruddin.

Pertimbangan mengusung pasangan calon tersebut, kata dia, karena sudah ada komunikasi jauh-jauh hari dengan pihak RM. Kendati, Gerindra tahu, bahwa RM juga telah dipasangkan Golkar dan PDIP dengan Thohari Aziz. Kini wakil ketua DPRD Balikpapan, dan juga ketua DPC PDIP Balikpapan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: