ResKal Bahas Sektor Perikanan

Kamis 09-07-2020,15:12 WIB
Reporter : admin3 diskal
Editor : admin3 diskal

NARASUMBER dari berbagai instansi membahas sektor perikanan di program gelar wicara ResKal, Rabu (8/7).

Tanjung Selor , Disway – Sektor kelautan dan perikanan menjadi tema pembahasan pada program gelar wicara Respons Kaltara (ResKal), Rabu (8/7). Dan, menghadirkan narasumber berkompeten.

Mereka yang hadir yaitu Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disperindagkop-UKM) Kaltara Hartono, Kepala Bidang Perikanan Budidaya, Penguatan Daya Saing Produk Perikanan dan Pengawasan Sumber Daya Kelautan Perikanan Dinas Kelautan dan Perikanan Kaltara Idham Khalid, Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Kaltara Yufrizal, dan Ketua DPD HNSI Kaltara Nur Hasan.

Pada kesempatan itu, Ketua DPD HNSI Kaltara Nur Hasan menyampaikan, setidaknya ada 4 permasalahan yang dihadapi pelaku usaha tambak di Kaltara, utamanya petambak udang.

Pertama, kata dia, adalah belum adanya peningkatan harga jual udang selama 2020. Bahkan sejak Januari hingga Juli, telah terjadi penurunan harga jual udang sebanyak 4 kali dari petambak ke pos pengumpul.

“Permasalahan menurunnya harga udang, sedianya terjadi sejak 2017 hingga saat ini. Namun pada 2020, termasuk pada saat pandemi (COVID-19) ini, cukup pelik, karena sudah terjadi 4 kali penurunan,” katanya.

Persoalan kedua, petambak menuntut kejelasan penyebab terjadinya penurunan harga. Ketiga, produktivitas tambak di Kaltara juga terus menurun.

Padahal, kata dia, luasan lahan tambak terus bertambah. Keempat, meningkatnya harga faktor pendukung budi daya tambak udang windu. Seperti harga pupuk, saponin dan bibit.

Tags :
Kategori :

Terkait