Unmul Serahkan Mahasiswa KKN KLB Angkatan 46 ke Pemprov Kaltim

Rabu 08-07-2020,23:12 WIB
Reporter : Disway Kaltim Group
Editor : Disway Kaltim Group

Sesi pelepasan KKN angkatan 46 oleh rektor yang di wakilkan oleh Wakil Rektor Bagian Akademik Unmul, Prof.Dr. Ir. Mustofa Agung Sardjono. (Dok/Humas Unmul)

Samarinda, Diswaykaltim.com -Meskipun masih dalam kondisi Pandemi COVID-19, Universitas Mulawarman (Unmul) tetap melaksanakan salah satu isi Tri Dharma Perguruan Tinggi. Yakni pengabdian pada masyarakat dalam bentuk Kuliah Kerja Nyata (KKN). Yang dilakukan oleh mahasiswa melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M) Unmul.

KKN yang ke-46 bagi Unmul ini bernama KKN Kondisi Luar Biasa (KLB). Rabu (8/7/2020) pagi, Unmul secara simbolik menyerahkan mahasiswanya kepada Pemprov Kalimantan Timur. Bertempat di Ruang Heart of Borneo, Kantor Gubernur Kaltim, Jalan Gajah Mada, Samarinda.

Penyerahan secara simbolis dilakukan oleh Rektor Unmul yang diwakili oleh Wakil Rektor Bidang Akademik, Prof. Dr. Ir. Mustofa Agung Sardjono ke Gubernur Kaltim yang diwakili oleh Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, sekaligus Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Kaltim, Dr. H. Moh. Jauhar Efendi., M.Si.

“Dalam KKN ini mahasiswa dihadapkan dalam kondisi pandemi sehingga pihak LP2M telah merencanakan model program KKN yang sesuai. Karena kami tidak ingin program ini menjadi kendala saat ini, oleh karena itu LP2M tahun ini menerapkan KKN secara daring atau secara online  yang disebut KKN KLB,” jelas Prof. Agung dalam sambutannya.

“Sebagaimana tahun-tahun sebelumnya KKN mengharuskan mahasiswa turun langsung ke masyarakat. Namun kali ini untuk pertama kali kami melaksanaan KKN KLB dengan harapan tetap memberikan manfaat yang optimal kepada masyarakat desa,” lanjutnya.

Meski secara keseluruhan kegiatan dan komunikasi di KKN KLB dilakukan secara daring. Dirinya menegaskan, tidak menutup kemungkinan untuk melaksanakan kegiatan pengabdian secara langsung. Dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan dan terpenuhinya beberapa persyaratan tertentu.

Jauhar Efendi (jas hitam) menandatangani dokumen serah terima disaksikan Prof. Dr. Ir. Mustofa Agung Sardjono.

Prof. Agung pun berpesan kepada para mahasiswa, agar serius mengikuti KKN KLB ini dan tetap membawa nama baik almamater kampusn terbesar di Kaltim tersebut. Kegiatan ini juga menuntut kreativitas para mahasiswa  agar kegiatan dapat berjalan lancar. Hal yang sama juga diharapkan dilakukan oleh para Dosen Pendamping Lapangan (DPL). Karena kondisi saat ini berbeda dari penyelenggaraan KKN sebelumnya.

“Mewakili Rektor Unmul, izinkan saya dalam kesempatan ini secara simbolis menyerahkan para mahasiswa peserta KKN KLB kepada pihak Pemerintah Daerah Provinsi Kaltim. Agar nantinya bisa mendapatkan arahan dan bimbingan serta pembinaan. Dalam rangka mendapatkan pengalaman dan pembelajaran yang optimal di dalam pelaksanaan KKN KLB ini,” harapnya.

Di agenda serah terima mahasiswa tersebut. Dihadiri pula oleh ratusan mahasiswa yang akan melaksanakan KKN KLB. Belasan mahasiswa diantaranya maju untuk diserahkan secara simbolik.

Selain dilaksanakan secara langsung di Kantor Gubernur Kaltim. Acara ini juga disiarkan melalui aplikasi Zoom Meeting dan live streming pada channel YouTube Unmul TV.

Kadis DPMPD Jauhar Efendi  mengapresiasi KKN dengan model baru ini. Ia berpesan meskipun dilaksanakan secara daring namun output  dan outcome yang dihasilkan harus jelas. Yang dibuktikan dalam sebuah laporan.

“Saya berharap para DPL bisa membantu memberikan data-data yang diperlukan para mahasiswa.  Sehingga dapat dilakukan analisis yang kaitannya dengan permasalahan masyarakat dan dapat ditindaklanjuti dalam bentuk pemecahan persoalan atau sebuah solusi nyata,” pesannya.

Tags :
Kategori :

Terkait