Hati-Hati, Potensi Penularan COVID-19 di Kaltim Masih Tinggi

Selasa 30-06-2020,11:25 WIB
Reporter : Benny
Editor : Benny

Samarinda, DiswayKaltim.com - Masyarakat Kaltim harus tetap waspada. Berkaitan dengan penyebaran virus COVID-19. Pasalnya, potensi penularan wabah tersebut di daerah ini masih tinggi. Demikian ditegaskan Dinas Kesehatan (Diskes) Kaltim.

"Penularan masih terus terjadi dan kecenderungan masih terus ada. Potensi penularan masih sangat tinggi. Sehingga kebijakan relaksasi harus diikuti dengan perkembangan data tentang analisa (perkembangan Covid-19) dengan baik," kata Plt Diskes Kaltim Andi M Ishak dalam konferensi pers melalui aplikasi Zoom, Senin (29/6).

Bukan tanpa sebab. Ini didasarkan pada data jumlah kasus positif virus tersebut. Ada penambahan 7 kasus dari data sebelumnya. Sehingga total kasus positif per tanggal 29 Juni 2020, menjadi 510 orang. Tersebar di wilayah Kaltim. "Kita harus menekan penularan ini yang semakin tinggi," imbuhnya.

Angka penderita positif tersebut, tersebar di Balikpapan 181 kasus, Samarinda 68 kasus, Bontang 16 kasus, Kutai Kartanegara 69 kasus, Kutai Timur 49 kasus, Kutai Barat 32 kasus, Berau 43 kasus, Paser 29 kasus dan Penajam Paser Utara 23 kasus.

Menurut Andi, kesadaran masyarakat menjadi salah satu hal penting. Dalam melawan dan meniadakan penyebaran virus ini. Selama vaksin virus belum ditemukan, maka selama itu juga COVID-19 akan tetap jadi ancaman. "Kesadaran perlu kita bangun. Disiplinkan diri," tambahnya.

Ia juga mengimbau kepada mayarakat, agar selalu patuh pada protokol kesehatan. Saat keluar rumah. Minimal dengan menerapkan tiga hal. "Pertama, jaga jarak di semua aktivitas. Di segala apapun yang kita lakukan. Kedua, senantiasa mengenakan masker di semua aktivitas. Ini untuk melindungi diri kita dan orang lain juga," katanya.

Yang terakhir, masyarakat diimbau rutin cuci tangan. Menggunakan sabun dan air mengalir. Tiga hal itu dinilai menjadi langkah melawan penularan virus tersebut. "Kemudian secara individu, kita terus meningkatkan daya tahan tubuh kita. Menerapkan pola hidup sehat. Olahraga, konsumsi makanan bergizi," pungkasnya. (sah/dah)

Angka Perkembangan COVID-19 di Kaltim Per 29 Juni 2020

  • Jumlah OPD : 12.396 Orang
  • Jumlah PDP : 838 Orang
  • Jumlah OTG: 2.663 Orang
  • Jumlah pasien positif: 510 Orang
  • Pasien tunggu uji lab: 326 Orang
  • Jumlah pasien Sembuh: 376 Orang
  • Jumlah pasien positif Covid-19 meninggal: 7 Orang
  • Pasien dirawat: 127 orang

Tags :
Kategori :

Terkait